Bekuk Singapura 2-1, Indonesia Lolos Dramatis ke Semifinal Piala AFF 2016

317
Pesona Indonesia
Pemain Indonesia, Stefano Lilipaly (kiri) berebut bola dengan pemain Singapura, Muhammad Shakir Hamzah (kanan). Foto: Antara
Pemain Indonesia, Stefano Lilipaly (kiri) berebut bola dengan pemain Singapura, Muhammad Shakir Hamzah (kanan). Foto: Antara

batampos.co.id – Tim nasional Indonesia akhirnya berhasil merebut satu tiket ke semifinal Piala AFF 2016 usai mengalahkan Singapura 2-1, sementara di pertandingan lain Filipina takluk 0-1 dari Thailand.

Pertandingan yang digelar di Stadion Rizal Memorial, Jumat (25/11) malam WIB, sempat berjalan dalam tempo lambat di awal laga, karena Singapura menerapkan permainan bertahan.

Taktik tersebut membuat para pemain Indonesia kesulitan menciptakan peluang. Singapura bahkan bisa unggul lebih dulu melalui tendangan voli Khairul Amri dari jarak dekat pada menit 27. Keunggulan Singapura ini bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Indonesia semakin meningkatkan tempo permainan. Pelatih Alfred Riedl pun menambah daya gedor dengan menarik Evan Dimas dan memasukan Ferdinand Sinaga.

Strategi ini ternyata cukup berhasil. Indonesia akhirnya bisa menyamakan kedudukan melalui Andik Vermansyah pada menit 62 usai memaksimalkan crossing Rizky Pora yang gagal diantisipasi dengan baik pemain bertahan Singapura. Skor sama kuat 1-1, pada saat bersamaan laga Filipina kontra Thailand juga masih imbang tanpa gol.

Gol Andik ini menambah semangat para pemain Indonesia. Apalagi setelah diketahui Thailand unggul sementara 1-0 atas Filipina. Dalam posisi ini memang Filipina yang berhak lolos meski poin Singapura dan Indonesia juga sama, 2 poin.

Tapi Filipina unggul selisih gol (dari Indonesia) dan mencetak lebih banyak gol dibanding Singapura.

Namun, gol Stefano Lilipaly pada menit 85 membuat pendukung Indonesia bersorak gembira. Gol ini tercipta dari akselerasi Boaz Salossa yang diakhiri dengan umpan lambung ke kotak penalti. Lilipaly menyambut bola dengan sepakan keras yang membobol gawang Singapura. 2-1 untuk Indonesia, sementara Filipina masih tertinggal 0-1 dari Thailand.

Di sisa pertandingan, Singapura keluar menyerang dan menekan pertahanan Indonesia. Beruntung sejumlah peluang Singapura bisa digagalkan. Sementara Indonesia sesekali mengancam lewat serangan balik.

Hingga peluit panjang dibunyikan, skor 2-1 untuk Indonesia tidak berubah. Sementara di pertandingan lain, Filipina gagal mengalahkan Thailand.

Dengan hasil ini, Indonesia pun berhak mendampingi Thailand ke semifinal Piala AFF 2016. Di semifinal, Indonesia akan berhadapan dengan Vietnam yang menjadi juara grup B. (fat/pst)

Respon Anda?

komentar