Haifa, Kota Terbesar Ketiga Israel Jadi Lautan Api

3441
Pesona Indonesia
Warga Kota Haifa, Israel, berlari menyelamatkan diri setelah kota mereka diamuk si jago merah sejak Kamis (24/11/2016) hingga saat ini. Foto: Ariel Schalit/AP
Warga Kota Haifa, Israel, berlari menyelamatkan diri setelah kota mereka diamuk si jago merah sejak Kamis (24/11/2016) hingga saat ini. Foto: Ariel Schalit/AP

batampos.co.id – Kebakaran hebat masih terus melanda sejumlah wilayah Israel. Bahkan, kota Haifa, salah satu kota terbesar Israel jadi lautan api. Sedikitnya 80 ribu orang dievakuasi.

Api mudah menyebar seiring kekeringan yang terjadi selama dua bulan terakhir di tanah yang sebelumnya milik Palestina itu. Ditambah angin kencang yang menyapu kota. Kebakaran itu juga mengancam perumahan dekat Jerusalem dan Tepi Barat.

Kepala Kepolisian Israel menuding kebakaran diperburuk oleh orang-orang yang menyiramkan arson di beberapa lokasi.

”Jika ini yang benar terjadi, kita menghadapi teror yang baru,” ujar PM Israel Benjamin Netanyahu. ”Siapa pun yang mencoba membakar bagian negara Israel akan dihukum berat,” tambahnya.

Menteri Pendidikan Naftali Bennett, pemimpin sayap kanan partai Rumah Yahudi menduga kalau Arab atau Palestina di balik kebakaran ini.

”Hanya mereka yang tidak memiliki negara mampu membakarnya,” katanya di akun Twitternya. Padahal, negara yang kini dimiliki Israel adalah tanah Palestina yang mereka rampas.

Komentar itu pun memicu kemarahan dari gerakan Fatah Presiden Palestina Mahmoud Abbas. Mereka menyebutkan kalau Israel menggunakan kebakaran untuk menuduh Palestina.

”Itu juga membakar pohon dan tanah bersejarah kita Palestina,” kata mereka dalam pernyataannya.

Menteri Keamanan Publik Gilad Erdan mengatakan kepada Channel 10 kalau 8 orang sudah ditahan. Dia menambahkan kalau arson diduga menjadi pemicu kebakaran di hampir separo lokasi. Polisi juga menemukan material yang mudah terbakar dan cairan di beberapa tempat.

Kebakaran yang awalnya terjadi di hutan tersebut memang kemudian merambah perkotaan. Gedung dan rumah pun ikut dilalap api. (tia/jpg)

Respon Anda?

komentar