Pencari Kerja di Sagulung-Batuaji Capai 7.151 Orang

301
Pesona Indonesia
Pencaker berkumpul di Pujasera Batamindo, Mukakuning, Seibeduk untuk mencari lowongan kerja yang ada di tempel oleh perusahaan di Pujasera tersebut, Selasa (27/10). Foto: Dalil Harahap/Batam Pos
Pencaker berkumpul di Pujasera Batamindo, Mukakuning, Seibeduk untuk mencari lowongan kerja yang ada di tempel oleh perusahaan di Pujasera tersebut. Foto: Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Pencari Kerja (Pencaker) terdaftar di Batuaji-Sagulung tercatat sebanyak 7.151 orang untuk Periode Januari-Oktober 2016. Rinciannya 3.160 orang di Sagulung dan 3.991 di Batuaji.

Angka pencaker di dua kecamatan itu baru dilihat dari jumlah pengurusan kartu kuning atau kartu tanda pencari kerja (Ak-1) di dua kecamatan tersebut. Belum termasuk yang tidak menggunakan kartu kuning.

Camat Sagulung Reza Khadafi melalui Kasubag Umum Gusti Ayu Ketut Yunarti mengatakan pencari kerja lebih banyak dari kalangan perempuan.

“Untuk laki-laki ada sebanyak 1.342 dan perempuan ada sebanyak 1.818.” katanya.

Ia mengatakan, untuk jumlah data pengajuan permohonam pembuatan AK-1 di November belum dapat diketahui, karena perekapan belum selesai dilakukan.

“Bulan 12 baru direkap dari yang bulan 11. Tetapi biasanya stabil, tetap lebih dari 100 orang,” katanya.

Dia mengatakan, semua permohonan yang masuk rata-rata merupakan warga Sagulung yang telah memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Sagulung.

“Yang memiliki KTP luar harus membuat di Dinas Tenaga Kerja (Dinaker),” ungkapnya.

Lanjut Gusti Ayu, belum dapat dipastikan berapa jumlah angka pengangguran yang ada di Sagulung, sebab warga yang mendapatkan Ak-1 setelah mendapatkan pekerjaan tidak melapor ke Kantor Kecamatan lagi.

“Yang sudah kerja nggak lapor jadi kita nggak tahu angka pasti penganguran di Sagulung ada berapa. Tapi kemungkinan masih tinggi,” paparnya.

Bagi warga yang hendak mengurus Ak-1 di Kantor Kecamatan, harus melengkapi persyarakatan sebagai berikut, foto kopi ijazah terakhir, pas foto 3×4 dua lembar¬† dan foto kopi KTP satu lembar. “Kalau persyaratan sudah lengkap silahkan ke kantor Camat,” paparnya.

Di kecamatan Batuaji, pencari kerja juga didominasi perempuan. “Laki-laki total ada sebanyak 1.822 orang dan perempuan ada sebanyak¬† 2.169 orang. Jadi total hingga Oktober 3.991 orang,” ujar Kasi Pelayanan Umum Kecamatan Batuaji, Safrianto.

Sebagian besar adalah lulusan SMA. “Di Batuaji ini yang paling banyak mengurus kartu kuning adalh perempuan. Tetapi hingga sekarang tak tahu berapa angka pengangguran karena setelah kerja tidak melapor ke kita,” katanya. (cr14)

Respon Anda?

komentar