Atasi Ruli, Pengusaha Sediakan Lahan BP Batam Bangunkan Rusun

590
Pesona Indonesia
Rumah liar (ruli). Foto: alfian/batampos.co.id
Rumah liar (ruli). Foto: alfian/batampos.co.id

batampos.co.id – Badan Pengusahaan (BP) Batam mengimbau kepada pemilik lahan yang diatasnya terdapat rumah liar agar menyisakan sedikit lahannya untuk dibangun rusun oleh BP Batam.

“Rusun ini nantinya akan ditempati oleh para penghuni ruli. Mereka juga kan pastinya bisa bekerja di tempat si pengusaha,” kata Kepala Kantor Pengelolaan Lahan BP Batam, Imam Bachroni, kemarin (25/11).

Permasalahan ruli memang sangat merepotkan kedua instansi pemerintahan di Batam yakni BP Batam dan Pemerintahan Kota (Pemko) Batam.

Hingga sekarang belum ada solusi pasti untuk mengatasi lonjakan pertumbuhan ruli ini. Jika  menggunakan cara penertiban, maka sudah pasti para penghuni ruli akan melawan.

“Pada dasarnya Batam masih memiliki nama bagus bagi para pendatang, sehingga banyak perantau yang datang kesini,” jelasnya.

Karena sulitnya mendapatkan rumah tempat tinggal, banyak pendatang yang termakan rayuan dari para oknum developer ruli. Pasalnya dengan sewa murah dan terdapat fasilitas air dan listrik, para perantau ini pun tergiur.

“Pemilik lahan juga harus terlibat. Minimal penghuni ruli bisa bekerja dan dibutuhkan minimal jadi tenaga servis atau office boy di tempat si pemilik lahan,” ungkapnya.

Jika pemilik lahan mempertimbangkan hal tersebut, maka tugas pemerintah akan lebih mudah dalam menertibkan ruli.”Karena dikasih pekerjaan, maka mereka akan enggan untuk pindah ke ruli lain,” jelasnya.(leo)

Respon Anda?

komentar