Batam Bersiap Terapkan Full Day School

490
Pesona Indonesia
foto: rezza herdiyanto / batampos
foto: rezza herdiyanto / batampos

batampos.co.id – Dinas Pendidikan (Disdik) Batam tengah mencoba menerapkan sistem Full Day School (FDS). Di Batam, penerapan sistem besutan Mendikbud Muhadjir Effendy ini sedang dalam proses evaluasi.

“Sudah kita coba sebelas sekolah, ini masih kita evaluasi lagi,” kata Kepala Disdik Batam Muslim Bidin, Jumat (25/11).

Menurut Muslim, pihaknya juga masih akan menginventarisir dan verifikasi terlebih dahulu, untuk mengetahui layak atau tidak sekolah tertentu menerapkan FDS.

“Desember ini verifikasinya. Nanti akan tahu sekolah mana yang layak menerapkan (FDS),” ucapnya.

Setelah proses tersebut dilakukan, rencananya sekolah layak FDS akan mulai menerapakan FDS Januari 2017.

“Diverifikasi Desember, Januari mereka udah on FDS,” ucapnya.

Ditanya soal kemungkinan ada penambahan jumlah sekolah yang akan berkeinginan menerapkan FDS, Muslim mengatakan masih belum memastikan. Pasalnya, di Batam 80 persen sekolah masih double shift.

“Yang double ini tak mungkin terapkan FDS, yang satu shift mungkin nanti,” pungkasnya.

Sementara itu, untuk mewujudkan keinginan satu shift ada sekolah yang kini tengah gencar melakukan pengajuan lokal ke pemerintah pusat, seperti SMA N 8 Batam.

Humas SMA N 8 Batam Suryati mengatakan di sekolah tersebut kini menggunakan 30 ruangan kelas untuk kegiatan belajar mengajar. Sejatinya, jumlah kelas yang dibutuhkan sebanyak 44 kelas, dengan rincian kelas X 18 kelas, kelas XI 14 kelas serta kelas XII 12 kelas. Jumlah siswa sebanyak 1.812 orang

“Ajuan revitalisasi udah kita ajukan, baik ke pusat maupun provinsi, kita ajukan penambahan lokal 14 lokal. Mudah-mudahan terealisasi, kalau sudah (terealiasi, red) dan akhirnya satu shift, kita ajukan Full Day School (FDS),” pungkasnya (cr13)

Respon Anda?

komentar