BTP Gelar Festival Wonder Food, Hadirkan Kuliner Asli Melayu

441
Pesona Indonesia
Kuliner nusantara menjadi salah satu daya tarik wisatawan asing maupun nasional. Foto: istimewa
Kuliner nusantara menjadi salah satu daya tarik wisatawan asing maupun nasional. Foto: istimewa

batampos.co.id – Batam Tourism Polytehnic (BTP) Batam bekerjasama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Batam menggelar Festifal Wonder Food Batam di halaman parkir Kepri Mall, Jumat (25/11).

Acara yang dimulai pukul 15.30 WIB ini diikuti oleh berbagai kalangan seperti perhotelan dan pendidikan.

Direktur BTP, Nur A. Nasution mengatakan lomba kuliner ini bertemakan masakan Melayu yang merupakan asli Batam. Peserta juga ditantang untuk menyajikan masakan melayu berkelas masakan hotel berbintang. Tentunya tidak lupa memperhatikan aspek rasa, tekstur, hingga tahap penyajian.

“Semua serba melayu mulai dari ikan, gonggong, hingga buah naga,” kata dia.

Perlombaan ini juga ditujukan untuk membawa masakan khas melayu bisa go internasional, dan bisa dinikmati oleh penikmat kuliner luar Indonesia.

“Jadi masakan yang sudah ada, kita coba untuk buat sekreatif mungkin, tentunya rasa, dan tekstur juga harus diperhatikan. Jadi tidak hanya enak, akan tetapi juga bisa memberikan kesan setelah orang menyantapnya,” katanya.

Dia menambahkan perlombaan yang baru pertama kali diadakan ini, akan terus berlanjut.

“Tahap awal kita pemanasan dulu, selanjutnya kita berusah untuk mematangkan sebelum dibawa ke luar,” ujarnya.

Seluruh peserta ada 20 tim, 17 dari hotel seperti Montigo, Allium, Haris, Turi Beach, Vista, tiga tim dari sekolah yakni BTP, UIB, dan SMKN2 Batam.

“Satu tim terdiri lima orang satu leader, dua chef, dan dua dari restaurannya,” sebut dia.

Perlombaan ini juga menyediakan hadiah untuk pemenang pertama mendapatkan Rp 4 juta, pemenang kedua Rp 2,5 juta, pemenang ketiga Rp 2 juta, harapan satu Rp 1 juta, dan harapan kedua Rp 750 ribu.

Untuk penjurian merupakan dari tim independen dari kalangan chef profesional. Selain itu, masakan yang telah jadi juga disajikan untuk tamu VVIP acara kenduri melayu.

“Kita spesial hidangkan untuk tamu vvip, termasuk Walikota Batam, Muhammad Rudi, dan tamu undangan lainnya,” tukasnya. (cr17).

Respon Anda?

komentar