Bakamla RI Zona Maritim Barat dan LKPI Prov. Kepri Akan Bangun Pos Pengamanan di Pulau Serak

380
Pesona Indonesia

bakamlabatampos.co.id – Lembaga kelautan dan perikanan Indonesia (LKPI) Provinsi Kepri bekerjasama dengan Bakamla RI Zona Maritim Barat gelar sosialisasi penyuluhan keamanan laut dan bagikan 500 jaket pelampung kepada nelayan disekitar wilayah pulau Serak, desa Marok Tua kecamatan Singkep Barat. Kegiatan sosialisasi ini juga sekaligus memperingati HUT Bakamla RI Zona Maritim Barat yang ke-2.

Direktur LKPI Provinsi Kepri Aldoni melalui Sekretaris LKPI Provinsi Kepri, Rudy Susanto kepada Batam Pos mengatakan dipilihnya lokasi Pulau Serak karena wilayah perairan tangkap nelayan tersebut berada diwilayah terluar perbatasan provinsi Kepri dengan pulau Sumatera.

Lokasi tersebut terang Rudy selama beberapa tahun terakhir rawan oleh sejumlah aksi bajak laut yang meresahkan nelayan. Bersama Bakamla RI zona Barat, LKPI ingin memberikan rasa nyaman bagi para nelayan dengan menggandeng Bakamla RI yang juga berencana membangun pos pengamanan laut.

“Kegiatan yang kami gelar bersama Bakamla RI ini, selain bakti sosial ada juga sosialisasi dan penyuluhan keamanan laut. Kami juga bagikan 500 life jacket untuk nelayan. Perairan ini sangat rawan oleh aksi bajak laut. Bakamla rencanakan segera membangun pos pengamanan laut,” kata Rudy, Minggu (27/11).

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut dikatakan Rudy diikuti oleh ratusan warga nelayan pesisir kecamatan Singkep Barat. Bakamla RI bersama LKPI juga menggelar Camping dipulau kosong tersebut yang telah lama ditinggalkan warga akibat aksi bajak laut.

Banyaknya laporan warga nelayan yang diterima LKPI diperairan pulau Serak dan Alang Tiga oleh aksi bajak laut membuat LKPI mengajak serta Bakamla RI untuk memberikan rasa nyaman bagi para nelayan pesisir Lingga ini.

“Memang lokasi disini cukup rawan. Kami juga berterimakasih dengan Bakamla RI beserta Aparatur lainnya yang telah menandatangani papan pemberitahuan wilayah pengawasan Bakamla RI Zona Barat di Pulau Serak untuk segera dibangun pos pengamanan. Ini penting untuk memberikan rasa nyaman bagi nelayan yang beraktifitas. Kami berharap segera dibangun dalam waktu dekat,” jelas Rudy.

Rudy berharap, lewat kegiatan bakti sosial ini pemahaman yang diberikan Bakamla maupun LKPI dapat memberikan pencerahan bagi warga nelayan. Baik dalam beraktivitas menggunakan alat tangkap yang sesuai maupun aktif memberikan informasi dan laporan kepada lembaga-lembaga pemerintahan untuk pengamanan laut.

Kegiatan ini juga dihadiri Plt Sekda,Said Parman, Kepala Bakamla Kombespol DR. Hadi Purnomo, Letkol Maritim Haryanto bersama jajarannya, Kasat Polair Polres Lingga, Tarigan, Lanal Dabo Lettu Kris, perwakilan DKP Provinsi Agus, direktur LKPI pusat, Ayub Faidiban serta Ketua Pembina LKPI Prov. Kepri Ir H Jufri yang menjadi penggagaa kegiatan. (mhb)

Respon Anda?

komentar