Beragam Kegiatan Jelang HUT ke-45 Melecut Solidaritas Anggota Korpri

188
Pesona Indonesia
Ketua Departemen Organisasi dan Kelembagaan Dewan Pengurus Korpri Nasional (DPKN), Yulina Setiawati. Foto: istimewa
Ketua Departemen Organisasi dan Kelembagaan Dewan Pengurus Korpri Nasional (DPKN), Yulina Setiawati. Foto: istimewa

batampos.co.id – Berbagai kegiatan digelar jelang ulang tahun ke-45 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) di hampir semua sekretariat Korpri di pusat dan daerah.

Menariknya, kegiatan-kegiatan yang melibatkan banyak pegawai negeri sebagai anggota Korpri itu bisa melecut semangat dan soliditas anggota Korpri.

Seperti dilakukan Badan Kepegawaian Negara (BKN). Di antara rangkaian kegiatan memperingati ulang tahun Korpri itu ada senam massal yang diikuti 1.400 pegawai badan tersebut.
Ketua Departemen Organisasi dan Kelembagaan Dewan Pengurus Korpri Nasional (DPKN), Yulina Setiawati mengatakan, kegiatan senam massal rutin diselenggarakan setiap tahun. Namun, antusiasme pegawai negeri sipil BKN untuk mengikuti senam massal tahun ini sangat luar biasa.
“Antusiasme yang luar biasa itu diharapkan akan membangun soliditas anggota Korpri,” ujar Yulina.
Dia berharap modal soliditas tersebut akan mendukung reformasi birokrasi dan memujudkan visi kepegawaian negara. Visi itu adalah pegawai negeri yang berintegritas, profesional dan sejahtera.
Sebelumnya, Ketua Peringatan hari ulang tahun ke-45 Korpri Unit BKN, Rukmana, MM mengatakan, beragam kegiatan diselenggarakan BKN. Salah satunya adalah sosialisasi gerakan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN).
Dalam kegiatan itu BNN memberikan 100 stik alat tes urine kepada BKN. Stik itu kemudian didistribusikan kepada para pejabat mulai dari pejabat utama hingga pejabat administratif sebagai alat menguji urine mereka. Hasilnya akan diserahkan ke BKN.
Keinginan yang sama juga tumbuh pada Korpri Unit Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD. Wakil penanggung jawab Dewan Pegurus Korpri Unit Kopassus TNI AD, Sugiono, mengharapkan berbagai perlombaan menyambut ulang tahun Korpri bisa meningkatkan jiwa korsa unit tersebut.
Perlombaan yang diselenggarakan Korpri Unit Kopassus tersebut terdiri dari lomba peraturan baris-berbaris putra dan putri, kemudian lomba mengucapkan Panca Prasetya Korpri, serta pertandingan bola voli, selain itu juga digelar lomba-lomba lainnya, dan diakhiri dengan acara syukuran pada 29 November 2016.
Soliditas memang sangat dibutuhkan Korpri. Dalam berbagai kesempatan Dewan Pengurus Korpri Nasional selalu mengingatkan pentingnya menumbuhkan soliditas dan kekompakan di kalangan anggota Korpri.
Seperti pernah diungkapkan Sekretaris Jenderal Dewan Pengurus Korpri Nasional, DR. Ir. Bima Haria Wibisana MSIS misalnya. Dalam penilaiannya, soliditas atau kekompakan Korpri justru akan meningkatkan nilai tawar organisasi itu.
Dengan organisasi yang kompak, Korpri tidak akan mudah terseret dalam berbagai paham atau arus, khususnya politik. Sebab, pegawai negeri atau aparatur sipil negara memang dilarang memihak pada paham atau haluan politik mana pun.
Karenanya, salah satu  tagline Korpri yang baru saat ini adalah netral. Keharusan bersikap netral tersebut juga tertuang dalam UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara. (inf)

Respon Anda?

komentar