Danlantamal IV Tinjau Pos TNI AL di Pulau Terdepan

390
Pesona Indonesia
Komandan Lantamal IV Tanjungpinang Laksama TNI S Irawan, meninjau pos TNI AL di pulau Takong Hiu, di Kabupaten Tanjung Balai Karimun, Foto: Dispen Lantamal IV untuk Batam Pos.
Komandan Lantamal IV Tanjungpinang Laksama TNI S Irawan, meninjau pos TNI AL di pulau Takong Hiu, di Kabupaten Tanjung Balai Karimun,
Foto: Dispen Lantamal IV untuk Batam Pos.

batampos.co.id – Melihat kondisi anggota serta fasilitas penunjang seperti sarana komunikasi, logistik dan kondisi pos dalam mengamankan pulau terdepan. Komandan Lantamal IV Tanjungpinang, Laksama TNI S Irawan, meninjau langsung kondisi Pos TNI AL yang berada di Pulau Takong Hiu, yang merupakan salah satu pulau terdepan Indonesia yang terletak di Selat Malaka yang berbatasan dengan negara tetangga Malaysia dan Singapura yang masuk dalam wilayah Kabupaten Karimun, Provinsi Kepri, Sabtu (26/11).

Danlantamal IV mengatakan, bahwa Pulau Takong Hiu yang berbatasan dengan Malaysia dan Singapura sah milik Indonesia. Hal tersebut berdasarkan Peraturan Presiden No 78/2015 tentang pengelolaan Pulau-pulau Kecil Terluar.

“Keberadaan pos TNI AL dan menara mercusuar yang dijaga oleh petugas Kementerian Perhubungan bukti kuat bahwa pulau itu milik Indonesia,”ujar Irawan.

Dikatakan Irawan, pulau Takong Hiu sangat strategis. Sebab dari atas pulau tersebut bisa memantau aktifitas lalu lintas kapal-kapal dari dan hendak menuju Singapura dan Malaysia. Tentunya dari sisi pertahanan pihaknya dapat memonitor Selat Malaka dan kapal-kapal yang melintas.

“Untuk personel TNI AL yang mengawasi atau menjaga pulau tersebut berjumlah Tujuh orang dan secara terus menerus mengawaki Pos TNI AL secara bergantian,”kata Irawan.

Kepada prajuritnya yang berada di pulau tersebut, Danlantamal berpesan agar tetap semangat serta tingkatkan terus kewaspadaan dan jaga kesehatan agar dapat menjalankan tugasnya dengan sebaik mungkin.

Kedatangan Danlantamal IV ke Pulau Takong Hiu itu didampingi Pabanops Letkol Laut (P) Ashari, Dansatkamla Lantamal IV Mayor Laut (P) Feri serta rombongan dengan menggunakan Kal Marapas. Selain itu kedatangan Jenderal Bintang Satu di pundaknya itu, sengaja tidak diberitahu untuk melihat secara ril prajuritnya dilapangan. (ias)

Keterangan Foto : Komandan Lantamal IV Tanjungpinang Laksama TNI S Irawan, meninjau pos TNI AL di pulau Takong Hiu, di Kabupaten Tanjung Balai Karimun, F Dispen Lantamal IV untuk Batam Pos.

Respon Anda?

komentar