Jembatan Dompak Dibuka Satu Jam, Masyarakat Antre

415
Pesona Indonesia
Warga Tanjungpinang jogging dan kongkow di area Jembatan Dompak. foto:faradillah/batampos
Warga Tanjungpinang jogging dan kongkow di area Jembatan Dompak. foto:faradillah/batampos

batampos.co.id – Jembatan I Dompak mulai dibuka. Masyarakat pun berebut untuk melinatasi tersebut, Minggu (27/11/2016).

Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kepri awalnya mencoba membatasi jumlah warga yang hendak melintas di jembatan itu. Namun animo masyarakat tak bisa diredam sehingga PU memberikan laluan kepada masyarakat untuk melintasi jembatan tersebut.

Hanya saja, jembatan senilai Rp312 miliar tersebut hanya dibuka satu jam dari pukul 17.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB. Rencananya, soft opening dilakukan Selasa (29/11/2016).

“Kami melihat tingginya antusias masyarakat yang ingin melintasi di Jembatan I Dompak. Untuk memenuhi ekspektasi tersebut, akhirnya kami memberikan lalu kepada masyarakat selama satu jam,” ujar Rodi Yantari, tadi malam.

Rodi yang merupakan Kepala Seksi (Kasi) Jembatan Dinas PU Kepri tersebut mengatakan, Kepala Dinas PU Kepri, Heru Sukmoro sudah melaporkan kesiapan untuk pembukaan Jembatan I Dompak kepada Sekda Kepri.

Ditegaskan Rodi, pada prinsipnya pembukaan Jembatan I Dompak lebih cepat, maka akan lebih baik. Sehingga manfaatnya bisa segera dirasakan oleh masyarat Ibu Kota Provinsi Kepri, Tanjungpinang.

“Kondisi Jembatan I Dompak sudah siap untuk dilintasi. Kami juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kepri dan Dishub Kota Tanjungpinang. Selain itu juga dengan pihak kepolisian dan Satpol PP,” papar Rodi.

Menurut Rodi, untuk loading test resmi dari Komisi Keselamatan Jalan Terowongan dan Jembatan (KKJTJ) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU Pera), Dinas PU Kepri akan berkoordinasi lagi ke KKJTJ dalam waktu dekat ini.  Disebutkan Rodi, jika memungkin soft opening akan dilakukan pada 29 November 2016. Hanya saja, jadi atau tidaknya terpulang kepada keputusan pimpinan.

“Di lapangan juga sudah kami siapkan portal. Karena, apabila jadi Jembatan I Dompak ini dibuka hanya pada jam kerja. Setelah itu akan di tutup kembali sampai kondisinya memungkin untuk dibuka 24 jam.” tutup Rodi.

Sebelumnya, Sekda Kepri, TS. Arif Fadillah mengatakan Gubernur Kepri, Nurdin Basirun juga sangat menginginkan Jembatan tersebut segera dibuka untuk masyarakat.  “Sama dengan masyarakat, Gubernur juga menginginkan cepat dibuka. Hanya saja, teknisnya seperti apa tentu Dinas PU yang lebih memahami,” ujar Arif Fadillah.

Masih kata Arif, jika memang harus menunggu uji beban resmi dari Komisi Keselamatan Jalan Terowongan dan Jembatan (KKJTJ) Dinas PU Kepri sambil jalan terus melakukan koordinasi dengan KKJTJ. Ditambahkan Arif, harapan pihaknya selambat-lambatnya akhir tahun ini Jembatan I Dompak ini sudah bisa dinikmati masyarakat.

“Tentu ini akan menjadi semangat bagi pembangunan Ibu Kota Provinsi Kepri, Tanjungpinang kedepan. Apalagi kita sudah mulai merancang untuk menata Pulau Dompak pada 2017 nanti,” papar Arif. (jpg)

Respon Anda?

komentar