Merasa Lemas Usai Begadang? Coba 4 Tips Ini

231
Pesona Indonesia
ilustrasi
ilustrasi

batampos.co.id – Untuk mendapatkan energi yang dibutuhkan tubuh, Anda pasti beranggapan tidur yang cukup dan makan sehat 3 kali sehari adalah resepnya.

Itu benar, tetapi bagaimana bila ada saja hal yang mengganggu Anda ketika akan memejamkan mata di malam hari dan membuat Anda lesu keesokan harinya?

Durasi tidur yang pendek akan membuat tubuh kurang bertenaga dan lelah. Padahal, Anda harus tetap fokus dan produktif sepanjang hari.

Bagi Anda yang merasa kesulitan untuk tertidur, penting untuk mendidik diri sendiri tentang hal-hal yang tidak harus Anda lakukan sebelum tidur.

Misalnya, minum kafein, makan coklat dan bermain video game bisa mengganggu tidur Anda dan menyebabkan Anda tetap terjaga lebih lama daripada yang dimaksudkan.

Dilansir laman MSN, simak cara-cara berikut ini untuk mendapatkan tenaga Anda kembali dan membuat Anda tetap fokus dan produktif sepanjang hari:

1. Minum banyak air

Dehidrasi itu berbahaya karena bisa membuat Anda lebih lelah dan akhirnya mengakibatkan kebingungan, mudah marah, tekanan darah rendah, demam, kram otot dan detak jantung yang tidak beraturan.

Minum air yang tepat ketika Anda bangun dan sebelum, selama dan setelah latihan. Juga hindari minuman berkafein dan beralkohol.

2. Nyalakan AC

Suhu panas bisa membuat Anda mengantuk, karena itu tidak ada salahnya Anda menyalakan AC untuk membuat diri Anda tetap terjaga.

Ini juga merupakan cara yang tepat untuk membakar kalori karena menghabiskan waktu di suhu dingin telah terbukti mampu membakar kalori hingga 30 persen.

3. Tidur siang

Tidur siang akan membantu meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi. Menurut National Sleep Foundation, sebaiknya Anda tidur siang selama 20-30 menit untuk kewaspadaan jangka pendek.

Tidur siang memberikan manfaat yang signifikan untuk meningkatkan kewaspadaan dan kinerja tanpa membuat Anda merasa grogi atau mengganggu tidur malam hari.

4.Jauhi gula

Setelah mengonsumsi makanan / minuman yang mengandung gula, Anda mungkin merasa terjaga dan lebih aktif.

Tapi sebenarnya adalah bahwa hal itu justru akan membuat Anda lebih lelah daripada yang Anda rasakan sebelumnya. (fny/jpnn)

Respon Anda?

komentar