Amsakar Curigai Pungli di Engku Putri Sudah Lama

681
Pesona Indonesia
Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad. Foto: Cecep Mulyana/ Batam Pos
Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad. Foto: Cecep Mulyana/ Batam Pos

batampos.co.id – Pemerintah kota (Pemko) Batam akan menelusuri dugaan pungutan liar (pungli) yang dilakukan oknum Satpol PP Kota Batam di kawasan Dataran Engku Putri. Wakil Walikota Batam Amsakar Achmad pun telah memanggil Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) dan Inspektorat Pemko Batam.

“Saya sudah panggil BKD dan Inspektorat untuk menelusuri dugaan pungli itu,” kata Amsakar di kantor Walikota Batam, kemarin (28/11).

Dikatakannya, pihaknya harus mendapat gambaran lengkap tentang dugaan pungli oknum Satpol PP tersebut. Seperti apa tindakan oknum tersebut kepada masyarakat yang diduga menjadi korbannya.

“Harus ada gambaran lengkap, seperti apa tindakan oknum tersebut. Kawan-kawan dari inspektorat dan BKD saya rasa bisa mencari tahu,” jelas Amsakar.

Menurut dia, sudah ada aturan main bagi pihak yang memang terbukti pungli. Ia juga telah meminta BKD dan Inspektorat agar memanggil pihak yang diduga pungli.

“Kalau benar, ini sudah sangat menyalahi aturan. Dan kita pasti akan tindak tegas oknum seperti ini,” jelasnya.

Bahkan Amsakar curiga jika praktik pungli ini sudah berlangsung lama namun tak ada pihak yang berani melapor. Karena itu, sebagai pimpinan ia ingin tahu seperti apa kerja pegawainya di lapangan.

“Saya sudah sering bicarakan dan peringatkan hal ini setiap kali rapat. Kami ingin tak ada lagi pungli, karena itu diperingati,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Inspektorat Kota Batam Eriman mengatakan belum ada aturan yang menjelaskan tentang kegiatan di engku putri. Apalagi masyarakat yang memanfaatkan situasi disana untuk mendapatkan rezeki.

“Kalau berjualan makanan sudah ada aturan, namun untuk sewa menyewa ini belum ada. Apalagi itu ruang untuk publik,” sebut Eriman. (she)

Baca juga:

Amsakar: Oknum Satpol PP Pelaku Pungli Harus Ditindak Tegas

Oknum Satpol PP Batam Palak Penyewa Raket di Engku Putri, Minta Setoran Rp 150 Ribu

Respon Anda?

komentar