Sidang Perdana Dahlan Iskan hanya 10 Menit

301
Pesona Indonesia
foto: jawa pos
foto: jawa pos

batampos.co.id – Persidangan perdana Dahlan Iskan di Pengadilan Tipikor Surabaya, Selasa (29/11) hanya berlangsung sekitar sepuluh menit.

Pasalnya, majelis hakim yang dipimpin Tahsin menunda persidangan yang sejatinya beragendakan pembacaan dakwaan atas perkara restrukturisasi aset PT Panca Wira Usaha (PWU) Jatim. Sidang ditunda lantaran Dahlan belum didampingi kuasa hukum.

Kepada majelis hakim, Dahlan mengaku belum menunjuk kuasa hukum lantaran dirinya kesulitan mendapatkan berkas lengkap kasus yang menjeratnya dari jaksa penuntut umum.

Meski begitu, Dahlan mengaku siap apabila dirinya menghadapi sidang tanpa didampingi pengacara karena dia lebih percaya dengan majelis hakim. “Tapi keluarga dan teman-teman semua meminta saya untuk didampingi kuasa hukum,” ujarnya.

Nah, yang jadi masalah, sampai hari ini pria kelahiran Magetan, Jawa Timur itu belum mendapatkan berkas lengkap termasuk berita acara pemeriksaan (BAP) dari jaksa penuntut umum (JPU). “Karena itu (belum mendapatkan berkas) kami masih kesulitan menentukan kuasa hukum,” kata Dahlan.

Dahlan pun mengaku, jika dirinya bisa mendapatkan berita acara pemeriksaan (BAP)-nya, dia akan segera menunjuk tim kuasa hukum. Sebab, tim kuasa hukum bisa mempelajari dengan detail kasus yang membelitnya dari berkas-berkas yang diserahkan jaksa. “(Kalau sudah mendapatkan) saya akan menunjuk tim kuasa hukum hari ini. Nanti sore juga sudah bisa,” ujarnya.

Mendengar pengakuan Dahlan, Tahsin langsung bertanya kepada JPU tentang BAP yang belum diterima Dahlan. JPU mengakui bahwa pihaknya belum menyerahkan BAP kepada Dahlan. “Tapi kami sudah menyerahkan dakwaan kepada terdakwa,” ujarnya.

Majelis hakim pun langsung memerintahkan agar JPU segera menyerahkan BAP kepada Dahlan.

Lantaran Dahlan belum didampingi tim kuasa hukum, majelis hakim yang beranggotakan Unggul Warso Murti, Adriano, Samhadi dan Sangadi sepakat untuk menunda persidangan. “Sidang akan kembali digelar pada Selasa (6/12),” kata Tahsin lantas menutup sidang. (tel)

Respon Anda?

komentar