Wakil Bupati Natuna Janji Naikkan Tunjangan Transportasi Guru Honorer

442
Pesona Indonesia
Wakil Bupati Natuna Ngesti Yuni Suparapti. foto:aulia rahman/batampos
Wakil Bupati Natuna Ngesti Yuni Suparapti. foto:aulia rahman/batampos

batampos.co.id – Memperingati hari guru ke-71, ratusan guru di Natuna menggelar dialog bersama Wakil Bupati Natuna Ngesti Yuni Suprapti, di gedung Sri Serindit Ranai, Senin (28/11/2016).

Dialog tersebut, PGRI Kabupatrn Natuna meminta perhatian kesejahteraan kepada ratusan guru honorer sekolah yang kini mengabdi tanpa balas gaji yang mencukupi.

Wakil Bupati Natuna Ngesti Yuni Suprapti menilai, persoalan guru di Natuna sangat kompleks. Bermula dari status guru honor daerah, guru honor sekolah hingga biaya operasional sekolah.

Persoalan ini menurut Ngesti, Pemerintah Daerah tidak tinggal diam. Bahkan sudah mendata dan mengusulkan agar status guru honor sekolah menjadi honor daerah.
Tetapi terbentur aturan moratorium.

Selain moratorium, persoalan anggaran APBD Natuna yang defisit menjadi kendala untuk meningkatkan status guru. Sebab jumlah guru honor sekolah tidak sedikit.

“Tentu persoalan utamanya adalah anggaran APBD. Ditambah lagi moratorium pengàngkatan honorer daerah, khususnya para tenagà pengajar,” jelas Ngesti.

Kondisì ini Ngesti mengharapkan, guru guru di Natuna tidak kecewa dengan kebijakan Pemerintah. Pemerintah Daerah bersama DPRD sudah berkomitmen untuk menganggarkan bantuan biaya kepada guru komite sekolah dan guru status honorer sekolah.

“Mudah mudahan rencana ini disetujui dalam APBD 2017. Guru honorer sekolah akan dibàntu biaya transportasinya,” kata Ngesti.

Dikatakan Ngesti, tahun ini bantuan tersebut sebesar Rp 500 ribu per bulan. Namun tahun 2017, akan dìupayakan dinaikkan sèbesar Rp 1 juta per bulan.

Sèperti diketahui, guru guru yang berstatus non honorer daerah atau honòrer sekolah atau Komite sekolah tidak menerima gaji. Hanya menerima bantuan transportasi yang disihkan dari operasional Sekolah.

Sementara disatu sisi, kebutuhan guru di Natuna sangat menentukan keberhasilan mutu pendidikan dan pembangunan Natuna kedepan. (arn)

Respon Anda?

komentar