Presiden Puji Langkah Konkret Korpri Buka Toko Online TokTok

418
Pesona Indonesia
Presiden Jokowi saat meresmikan TokTok, toko online Korpri usai peringatan HUT Korpri ke-45 di SilangMonas Jakarta, Selasa (29/11/2016). Foto: korpri/twitter
Presiden Jokowi saat meresmikan TokTok, toko online Korpri usai peringatan HUT Korpri ke-45 di SilangMonas Jakarta, Selasa (29/11/2016). Foto: korpri/twitter

batampos.co.id – Presiden Joko Widodo mengapresiasi kehadiran toko online Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) sebagai hasil karya anak bangsa. Menurutnya, toko online yang diberi nama TokTok itu, merupakan langkah konkret dari Dewan Pengurus Korpri Nasional.

Menurut Ketua Dewan Pengurus Korpri Nasional Prof Dr Zudan Arif Fakrulloh, Presiden Joko Widodo mendukung toko online yang dinilainya sebagai inovasi e-commerce untuk pegawai negeri sipil.

“Alhamdulillah, Pak Presiden mengapresiasi Toko Online Korpri dan sangat mendukung,” kata Zudan usai upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-45 Korpri di Lapangan Monas, Selasa (29/11/2016).

Menurut Zudan, sebagai karya anak bangsa, toko online yang beralamat uniform resource locator (URL) Toktok.id itu bisa menyatukan potensi ekonomi para pegawai negeri sipil di seluruh Indonesia. Selain potensi pegawai negeri, toko online itu akan mampu menggerakkan usaha mikro, kecil dan menengah.

Toko online itu juga akan memberi banyak keuntungan bagi para pegawai negeri dan keluarganya. Sehingga, produk tersebut akan menjadi alat untuk menyejahterakan anggota Korpri, sesuai dengan tag line baru mereka yaitu Korpri Sejahtera.

Bukan hanya presiden, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo yang hadir pada acara tersebut juga mengapresiasinya. Dia berharap TokTok dapat memudahkan anggota Korpri di setiap daerah Indonesia untuk berbelanja secara online. “Ini menjadi bukti kemandirian Korpri,” kata Tjahjo.

Selain itu, toko online juga akan memberdayakan ekonomi masyarakat di lingkungan anggota Korpri. Pada saat bersamaan juga memberi kesejahteraan kepada anggotanya. Untuk itu, Zudan mengajak para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah agar berjualan melalui Toko Online Korpri itu.

Pengusaha kecil tidak perlu sewa kios di pasar, tidak perlu bayar listrik, tidak perlu membayar tenaga pemasaran. Biar toko online Korpri yang memasarkan seperti Anda membuka situs toko online yang sudah ada. “Kalau mau beli tiket, beli saja di Toktok. Beli mobil atau motor hingga beli beras di Toko Online Korpri. Sementara kebutuhan harian belinya di KorpriMart terdekat. Pemberian nama TokTok bagi toko online tersebut semata-mata agar nama itu mudah diingat orang,” kata Zudan.

Bagi Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Dr Bima Haria Wibisana, kehadiran TokTok membuktikan bahwa pegawai negeri sudah tidak mengalami gagap teknologi. Mereka juga masuk ke dunia digital dan bisa memanfaatkan seluruh peluang di dalamnya.

Selain itu, kehadiran TokTok, menurut Bima, sebagai strategi untuk menyejahterakan para pegawai negeri sipil yang juga anggota Korpri. Bima menilai TokTok merupakan quick win atau strategi pengurus Korpri untuk menyejahterakan pegawai negeri sebagai anggotanya.

CEO Toktok, Ervik A Susanto mengatakan Toko Online Korpri adalah aplikasi berbasis web yang melayani seluruh anggota Korpri di manapun berada. “Layanan yang diberikan sangat beragam. Mulai dari fasilitas belanja berbagai kebutuhan harian, bulanan atau konsumtif,” kata Ervik.

Berbeda dengan banyak e-commerce lainnya, menurut Ervik, aplikasi Toktok ini punya banyak keuntungan menarik bagi anggota Korpri. Keuntungan yang dimaksud adalah setiap pembelanjaan akan mendapatkan point rewards yang memiliki multi manfaat.

“Point rewards tersebut diberikan untuk individu. Tak hanya berbelanja saja jadinya. Anggota Korpri juga kesempatan mendapatkan hadiah, promo, voucher dan lain-lain,” ujarnya.

Menurut Ervik, cukup dengan memasukkan user name dan Nomor Induk Kepegawaian (NIK) saja, maka anggota Korpri sudah bisa langsung berbelanja hemat. “Dipastikan, web Toktok ini sangat user’s friendly alias mudah digunakan,” katanya.

Kabar gembira lainnya, sanak famili anggota Korpri juga bisa memanfaatkan transaksi berbelanja. Yakni bisa dilakukan dengan menggunakan user name anggota dan NIK.

Berbicara produk di toko online ini, anggota Korpri tak perlu khawatir dengan kualitas maupun pelbagai macam produk yang dijual. Mulai dari barang elektronik, gadget, fashion hingga sembako ada di toko online Korpri. Bahkan penambahan produk akan terus berkembang sesuai permintaan pasar.

Ervik berharap, Toktok mampu melayani secara lengkap anggota, meningkatkan literasi digital. Sekaligus menghidupkan koperasi-koperasi dan terutama kesejahteraan para anggota Korpri. (inf)

Respon Anda?

komentar