Waspada, Ini 4 Tanda Anda di Ambang Depresi

241
Pesona Indonesia
ilustrasi
ilustrasi

batampos.co.id – Masalah dalam hidup seperti himpitan ekonomi, deadline dan berbagai macam hal lain membuat beberapa orang tak kuat menghadapinya dan menyebabkan depresi.

Namun, penting Anda ketahui, depresi merupakan sebuah situasi yang patut diketahui dan segera mungkin dikendalikan. Depresi lebih kepada perubahan suasana hati yang cepat, perbedaan pola makan dan tidur.

Dilansir laman Today, Selasa (30/11), berikut beberapa tanda depresi yang harus Anda perhatikan:

1. Perubahan pola tidur.

Mungkin sebelum Anda mengalami depresi, orang yang mudah tidur nyenyak. Kini tidak lagi. Mungkin Anda selalu berfungsi dengan baik dengan 6 jam tidur per malam. Kini Anda menemukan diri Anda tidur akhir malam.

Perubahan pola tidur bisa menunjukkan depresi. Tidur membuat organ berfungsi dengan baik, sehingga masalah sebenarnya adalah orang yang depresi, tidur tidak restoratif dan mereka tidak merasa segar atau diremajakan.

Orang mungkin juga mengalami apa yang disebut agitasi psikomotor yang bisa menyebabkan kegelisahan dan ketidakmampuan untuk merasa nyaman.

2. Pikiran Anda tampaknya kacau.

Salah satu hal yang orang benar-benar harus perhatikan adalah seberapa baik mereka berfungsi secara kognitif.

Kadang-kadang orang tidak bisa duduk selama 30 menit atau melakukan sesuatu yang memerlukan konsentrasi.

Tanda-tanda halus depresi lainnya mungkin termasuk kelambatan berpikir, lupa dan kesulitan dalam membuat keputusan.

3. Anda terlalu khawatir dan berpikir terlalu banyak.

Nama klinis untuk terlalu khawatir dan berpikir terlalu banyak disebut ruminasi. Ruminasi bisa membuat Anda menjadi lebih tertekan dan membuat episode depresi lebih lama.

Dengan ruminasi, orang pada dasarnya terjebak dalam lingkaran situasi negatif atau terlalu over-menganalisis segala sesuatu.

4. Perubahan berat badan.

Perubahan berat badan bisa menjadi tanda peringatan depresi. Beberapa orang mungkin mulai makan terlalu banyak. Orang lain mungkin kehilangan minat dalam makanan. (fny/chi/jpnn)

Respon Anda?

komentar