Bapedal Cabut Izin 9 Perusahaan Cut and Fill, 5 Bakal Menyusul

260
Pesona Indonesia
Aktivitas Cut and Fill di Batam. Foto: Rezza Herdiyanto/Batam Pos
Aktivitas Cut and Fill di Batam. Foto: Rezza Herdiyanto/Batam Pos

batampos.co.id – Kepala Badan Pengendalian Dampak Lingkungan (Bapedal) Kota Batam, Dendi Purnomo mengatakan saat ini pihaknya tengah memantau dan mengkaji lima perusahaan yang melakukan tindakan cut and fill di Batam.

“Dari 14 perusahaan, sembilan diantaranya sudah kita cabut izinnya, sisanya masih kita pantau, bearti ada lima perusahaan lagi yang berpotensi dihentikan jika kegiatan tersebut menyalahi,” kata dia, Rabu (30/11/2016).

Kelima perusahaan tersebut berada di daerah Batuampar, Tiban, Bengkong, dan tempat lainnya.

“Untuk namanya ada di kantor,” ujar pria berkacamata tersebut.

Pihaknya untuk saat ini terus mengawasan, hal ini terbukti perusahaan yang telah dicabut tidak beroperasi sementara.

Menurutnya, pencabutan izin tersebut dilakukan karena menyalahi beberapa ketentuan seperti, tanah yang dipotong dibawa ke luar dari tempat dilakukan potongan, hingga melebihi kapasitas pemotongan itu sendiri.

Sementara itu Deputi IV BP Batam, Purba Robert M. Sianipar mengatakan untuk saat ini tidak aktifitas cut and fill yang berlangsung.

“Kan sudah berhenti, tidak ada lagi itu (cut and fill, red),” kata dia.

Menurutnya, BP Batam sangat berhati-hati dalam mengeluarkan ijin cut and fill. Perusahaan harus menyiapkan dokumen lingkungan, dan metede sebelum dilakukan cut and fill.

Selama ini pihaknya menegaskan kepada perusahaan untuk kembali menghijaukan lokasi yang dilakukan pemotongan

“Kita tidak sembarangan mengeluarkan izin, mereka perusahaan memiliki kewajiban untuk melakukan penghijauan kembali. Meskipun yang ditemukan saat ini belum maksimal,” bebernya.

Disinggung mengenai jumlah izin cut and fill yang telah dikeluarkan oleh BP Batam, dia mengatkan masih melakukan pendataan kembali.

“Harus didata dulu, karena waktu saya datang belum ada ini (cut and fill, red),” tukasnya.(cr17)

Respon Anda?

komentar