Nurdin Minta Jepang Tambah Investasinya di Kepri

426
Pesona Indonesia
Gubernur Kepri Nurdin Basirun saat berdialog dengan Dubes Jepang untuk Indonesia, Yasuaki Tanizaki di Kantor Pelabuhan VIP Pemprov Kepri di Punggur, Batam, Rabu (30/11/2016). Foto: istimewa
Gubernur Kepri Nurdin Basirun saat berdialog dengan Dubes Jepang untuk Indonesia, Yasuaki Tanizaki di Kantor Pelabuhan VIP Pemprov Kepri di Punggur, Batam, Rabu (30/11/2016). Foto: istimewa

batampos.co.id – Gubernur Kepri, Nurdin Basirun mendorong Jepang untuk menambah investasi di Kepri, Batam khususnya.

Harapan tersebut disampaikan Gubernur saat melakukan pertemuan dengan Dubes Jepang untuk Indonesia, Yasuaki Tanizaki di Kantor Pelabuhan VIP Punggur, Batam, Rabu (30/11/2016).

Gubernur mengatakan, kedatangan Dubes Jepang ke Kota Batam tidak lain adalah untuk melihat secara langsung Kota Batam sekaligus memastikan kondisi keamanan di wilayah ini tetap kondusif.

Masih kata Gubernur, selain itu kehadiran dubes juga dimanfaatkan langsung untuk bertatap muka dengan para pengusaha asal Jepang yang berivestasi di Batam. Salah satunya  bertemu dengan owner PT Panasonic yang berlokasi di Kawasan Industri Batam Senter.

“Hubungan investasi dan perdagangan antara Jepang dan Indonesia khususnya Kepri, sejauh ini sudah baik dan kedepannya diharapkan  makin baik lagi,” ujar Gubernur disela-sela pertemuan tersebut.

Menurut Gubernur, Kepri sejauh ini, keberadaannya sangat diuntungkan dengan letak geografis pulauanya. Apalagi ditambah dengan keberadaan Selat Malaka sebagai jalur pelayaran internasional.   Kepri sendiri banyak memiliki potensi yang sangat mendukung untuk dikembangkan bagi investasi. Seperti sektor kelautan.

Pada kesempatan tersebut Gubernur juga menjelaskan kalau sejauh ini sudah ada penerbangan antar negara khususnya dari Kepri ke Tiongkok dan sebaliknya.

Nurdin juga tak lupa menawarkan potensi perikanan laut Kepri. Termasuk potensi untuk mengembangkan industri maritim di sini. Tentu peluang menjanjikan, bisa menarik inevstor Jepang untuk menambah investasi di Kepri.

“Terlebih kita masih memiliki  wilayah kabupaten kota yang masih sangat berpotensi guna mendukung berinvestasi. Seperti di Karimun Bintan dan Tanjung Pinang. Dan itu lokasinya masih ada berdekatan dengan Kota Batam,”jelasnya Gubernur

Sementara itu, Dubes Yasuaki Tanazaki mengatakan selama ini sudah banyak  investasi Jepang yang ada di Batam. Bahkan selama lima tahun terakhir sejumlah  investasi  dari Jepang terus berdatangan.

“Saat ini sendiri lebih dari 40 perusahaan asal Jepang ada di Batam,” tambahnya. Kehadiran Dubes Yasuaki Tanizaki Ditemani langsung Konsuler Ekonomi Kedutaan Jepang Taro Araki. (jpg)

Respon Anda?

komentar