Pembanguan Pusat Pemerintahan Kepri di Dompak Sudah Telan Dana Rp 1,7 Triliun, Hasilnya?

595
Pesona Indonesia
Jembatan Dompak
Jembatan Dompak

batampos.co.id – Ketua Komisi II DPRD Kepri, Iskandarsyah mengatakan pembangunan Pulau Dompak, Tanjungpinang sebagai Pusat Pemerintahan Provinsi Kepri sejauh ini sudah menelan dana sekitar Rp1,7 triliun.

Dana tersebut bersumbar dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kepri. Akan tetapi, kondisi yang ada sekarang masih belum menunjukan sebagai pusat Pemerintahan Kepri.

“Harusnya Dompak bisa menjadi miniaturnya Provinsi Kepri,” ujar Iskandarsyah, kemarin.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kepri tersebut mengatakan, apabila ditata dengan baik, Dompak bisa menjelma menjadi Kota Baru di Tanjungpinang. Layaknya seperti Putra Jaya, Malaysia. Artinya selain sebagai pusat pemerintahan, juga bisa menjadi pusat-pusat wisata dan bisnis yang baru di Tanjungpinang.

“Saya melihat, pembangunan Dompak sudah menjadi satu kebutuhan kedepan. Karena ada sisi komersialnya, efeknya akan membawa kesejahteraan bagi daerah,” papar Iskandarsyah.

Mantan Wakil Ketua III DPRD Kepri tersebut mengatakan, Pemprov Kepri sudah menyelesaikan pembangunan salah satu infrastruktur strategis yang menghubungkan Pulau Dompak dengan Tanjungpinang. Yakni Jembatan I Dompak sepanjang 1,5 km dengan anggaran Rp312 miliar.

Bila tidak dibarengi dengan percepatan pembangunan Dompak, infrastruktur yang ada akan terasa kurang bermanfaat. Bahkan, bisa jadi dana Rp 1,7 triliun yang telah dikeluarkan tidak memberikan banyak manfaat.

“Kalau memang kekuatan APBD Kepri tidak mampu untuk membangunan Dompak. Tentu bisa menggandeng pihak-pihak swasta. Sehingga pembangunan bisa cepat dilakukan,” jelas Iskandarsyah.

Ditambahkannya, Pulau Dompak harusnya menjadi miniatur Provinsi Kepri. Artinya ketika wisatawan datang ke Pulau Dompak, seolah-olah mereka sudah mengunjungi Kabupaten/Kota yang ada di Kepri.

Iskandar juga menyoroti semakin banyaknya bundaran-bundaran yang ada di Pulau Dompak, Tanjungpinang. Selain itu, Pelabuhan Dompak yang sudah dibangun juga harus dimanfaatkan.

“Rencana awal pembangunan Dompak harus direview kembali. Apa yang belum dilakukan, kedepan harus diselesaikan. Sehingga Dompak benar-benar menjadi Pusat Pemerintahan Kepri elegan,” tutup legislator Dapil Karimun tersebut. (jpg)

Respon Anda?

komentar