Permudah Pelayanan dan Perizinan, Pemko Batam Segera Luncurkan E-Goverment

346
Pesona Indonesia
Walikota Surabaya Risma menujukan gambar pembangunan Kota Surabaya melalui ponselnya kepada Walikota Batam Rudi dan Wakil Walikota Batam Amsakar di Kantor Pemko Batam, Kamis (17/8). F. Cecep Mulyana/Batam Pos
Walikota Surabaya Risma menujukan gambar berbagai sistem pelayanan Kota Surabaya melalui ponselnya kepada Walikota Batam Rudi dan Wakil Walikota Batam Amsakar di Kantor Pemko Batam, Kamis (17/8/2016). Pemko Batam bakal mengadopsi sejumlah sistem untuk meningkatkan pelayanan. Foto: Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Pemerintah Kota Batam dalam waktu dekat akan menerapkan e-goverment sebagai langkah menjadikan Batam sebagai Smart City. Website untuk penerapan sistem ini pun telah selesai dan tinggal peluncuran.

Wakil Walikota Batam Amsakar Achmad terus mendorong agar rencana penerapan e-goverment segera terwujud. Ia punĀ  mendapat laporan jika website penerapan sistem ini telah selesai.

“Secara keseluruhan sudah siap, tinggal peluncuran saja,” ujar Amsakar di Kantor Walikota Batam, kemarin.

Menurut dia, penerapan sistem e-goverment itu akan diterapkan di bagian keuangan, laporan kependudukan, perekrutan, informasi umum, pendidikan hingga seluruh pelayanan.

“Menunya sudah ada, jadi selain mempermudah, kita ingin semuanya transparan. Kapan peluncuran masih menunggu, saya belum rapat masalah itu,” jelas Amsakar.

Ia berharap perencanaan sistem online bisa mempermudah kebutuhan masyarakat dibidang pelayanan dan perizinan. Masyarakat tak perlu bingung lagi untuk mengurus segala sesuatunya.

“Perizinan, pelayanan semuanya online. Jadi masyarakat tak susah-susah lagi menunggu,” terang Amsakar.

Dikatakannya, di dalam website tersebut masyarakat juga dapat melihat langsung seperti apa Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Batam. Sehingga peruntukan anggaran bisa lebih jelas arahnya kesana karena bisa dilihat online.

“Ini misi kami, segera kita luncurkan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Batam Salim mengatakan, pihaknya masih menguji coba beberapa konten yang sudah di siapkan.

“Sedang kita ujicoba di Kecamatan. Mudah-mudahan terlaksana dengan baik,” harap Salim. (she)

Respon Anda?

komentar