Waspada Berlayar di Laut Natuna, Ombak Dua Meter Lebih

291
Pesona Indonesia
Petugas BMKG memantau kondisi cuaca. Foto: istimewa
Petugas BMKG memantau kondisi cuaca. Foto: istimewa

batampos.co.id – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ranai mengeluarkan pernyataan waspada dini cauca buruk di wilayah Natuna.

Perakirawan BMKG Ranai Asrul Saparudin mengatakan,  diprediksi pada tanggal 30 November dan 1 Desember ini terjadi peningkatan tinggi gelombang. Perlu diwaspadai nelayan tradisional dan pelayaran antar Kecamatan.

“Diperkirakan terjadi peningkatan tinggi gelombang sampai 1 Desember tinggi gelombang mencapai 2,5 meterm” kata Asrul Rabu (30/11/2016).

Kondisi buruk kata Asrul, diprediksi dibagian laut Selatan Utara pulau Natuna. Serta terjadi bagian Utara perairan Natuna dan Anambas dan laut Natuna.

Peningkatan gelombang laut saat ini perubahan angin. Karena adanya perbedaan antara tekanan tinggi dan rendah yang begitu besar ,sehingga aliran massa udara dari daerah tekanan tinggi mengalir begitu cepat menuju tekanan rendah.

Saat ini juga terjadi pergerakan semu matahari lebih berada di belahan bumi bagian Selatan, sehingga tekanan belahan bumi bagian Utara menjadi tinggi dan kawasan khatulistiwa dan belahan bumi Selatan menjadi rendah.

“Potensi gelombang tinggi ini adalah peringatan dini, masyarakat diharapkan lebih maspada, bahkan tinggi gelombang bisa mencapai di laut Andaman,” kata Asrul. (arn)

Respon Anda?

komentar