Gubernur Bakal Ikut Baca Puisi di Malam Anugerah Jembia Emas

306
Pesona Indonesia
Arif Fadillah
Arif Fadillah

batampos.co.id – Gubernur Kepri Nurdin Basirun tidak sekadar hadir pada malam gala penyerahan Anugerah Jembia Emas 2016, Kamis (15/12/2016) mendatang. Nurdin juga akan diajak membacakan puisi di malam yang akan dihadiri budayawan dan seniman se-Provinsi Kepri itu.

“Pak Gubernur nanti akan saya ajak juga baca puisi di sana,” kata Sekdaprov Kepri, TS Arief Fadilah, belum lama ini.

Memang bukan sekali dua, Gubernur Nurdin unjuk kebolehan membacakan puisi di atas panggung. Pernah pada malam panggung penyair sempena Festival Bahari Kepri Oktober lalu, Gubernur Nurdin ikut membaca puisi.

Lalu yang paling mutakhir adalah ketika panggung Nusantara Bersatu di Pamedan akhir November kemarin. Di situ, Gubernur Nurdin juga ditodong untuk membacakan puisi dan tidak ada sebuah keberatan darinya.

Karena itu, ketika tahu bahwa Yayasan Jembia Emas akan mengadakan malam gala penyerahan anugerah budayawan atau seniman pilihan, Arief menyatakan gubernur akan senang menghadiri malam tersebut.

“Saya sudah lama kenal Pak Nurdin. Beliau memang punya minat yang tinggi untuk kesenian,” ujarnya.

Sebab itu pula, Arief menegaskan, Pemprov Kepri siap ikut menyukseskan helatan anugerah yang kali pertama ditaja ini. Menjadi lebih spesial karena disejalankan dengan helatan Pertemuan Penyair Nusantara IX yang melibatkan penyair se-Asia Tenggara.

“Apa yang bisa kami dukung, tentu akan kami dukung. Kepenyairan adalah sesuatu yang penting buat Kepri,” kata Arief.

Terpisah, Direktur Yayasan Jembia Emas, Ramon Damora menuturkan, hingga hari ini sejumlah nama-nama budayawan atau seniman yang akan dinilai sebagai nomine penerima anugerah sudah mulai bermasukan.

“Itu sebuah bukti ada sambutan hangat dari masyarakat. Mereka cukup apresiatif dengan ikut mengirimkan nama-nama orang yang dinilai telah berjasa dalam memajukan kebudayaan Melayu,” kata Ramon.

Seluruh nama yang masuk, sambung Ramon, akan masuk ke tim penilai untuk kemudian dipilih 10 nama yang akan terdaftar sebagi nomine penerima Anugerah Jembia Emas 2016.

“Kami sudah menunjuk tim penilai yang punya kapabilitas untuk melakukan penilaian dan penentuan 10 nama nomine tersebut,” tutur Deputi Batam Pos Group ini.

Ramon ingin menegaskan, bahwasanya Anugerah Jembia Emas 2016 yang baru pertama kali dihelat ini tidak membatasi calon penerimanya dari ranah kesusastraan saja. Melainkan sangat terbuka secara luas dari pelbagai jenis pengabdian pembangunan kebudayaan Melayu.

Boleh jadi mereka adalah seorang musisi, penari, perupa, dramawan, peneliti kebudayaan, atau pun pelestari kebudayaan lain.

“Jadi tidak hanya seorang penulis atau penyair saja,” tegas Ramon.

Kemudian dalam proses pencarian nama ini pun dibuka untuk umum. Artinya boleh secara kelembagaan atau pun perorangan mengirimkan nama-nama yang sekiranya memenuhi kualifikasi untuk dimasukkan dalam 10 nomine penerima Anugerah Jembia Emas 2016.

Upaya ini ditempuh agar ada keterlibatan kolektif antara Yayasan Jembia Emas selaku penaja acara dengan masyarakat luas selaku yang memiliki kebudayaan.

“Kami masih menunggu hingga seminggu ke depan. Karena rencananya sepuluh nama calon penerima Anugerah Jembia Emas 2016 akan kami umumkan di tanggal 5 Desember,” terang Ramon.

Lalu penyerahan anugerah akan dilakukan di Tanjungpinang 15 Desember mendatang berbarengan dengan helatan Pertemuan Penyair Nusantara IX selama tiga hari ke depan. (muf)

Respon Anda?

komentar