XL Sponsori Tim Robot Poltek Batam di Kontes Robot di Jepang

583
Pesona Indonesia
Vice President PT XL Axiata West Region Francky Rinaldo Pakpahan bersama Ketua Tim Robot Barelang FC Poltek Batam, Hanjaya Mandala melakukan penadatangan MOU atara PT XL Axiata dengan Politehnik Batam dikampus Politehnik Batam, Kamis (1/12/2016). Foto: Cecep Mulyana/Batam Pos
Vice President PT XL Axiata West Region Francky Rinaldo Pakpahan bersama Ketua Tim Robot Barelang FC Poltek Batam, Hanjaya Mandala melakukan penadatangan MOU atara PT XL Axiata dengan Politehnik Batam dikampus Politehnik Batam, Kamis (1/12/2016). Foto: Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Perusahaan operator PT XL Axiata, Tbk menjadi sponsor Tim Robot Barelang FC Politeknik Negeri Batam selama bertarung dalam Kontes Robot Sepak Bola Internasional di Jepang, tahun depan.

XL memberikan bantuan uang tunai senilai Rp 25 juta juga kuota data sebesar 90 Gigabytes (Gb).

“Kami anggap ini luar biasa. Batam yang selama ini dianggap sebagai second class dapat mengalahkan universitas-universitas ternama seperti Institut Sepuluh November ataupun ITB (Institut Teknologi Bandung) dalam perlombaan robot,” kata General Manager Finance Management and Services West Region PT XL Axiata, Yan Ferdiyan, Kamis (1/12/2016).

Bantuan itu diberikan dalam acara Seminar Entrepreneur di Kampus Politeknik Negeri Batam, Kamis (1/12/2016). Pemberian tersebut ditandai dengan penanda-tanganan MoU antara XL dan Poltek Batam.

Yan mengatakan, XL menjalin kerjasama lantaran melihat adanya potensi penggunaan teknologi 4G LTE dalam kontes tersebut. Tim Robot Barelang FC Poltek Batam dapat menggunakan teknologi XL untuk menjalankan robot-robotnya.

Selain itu, kontes tersebut juga berlangsung di Jepang. Negeri Sakura itu menjadi satu dari 12 negara roaming XL. Para anggota tim dapat menggunakan XL Pass untuk dapat tetap berkomunikasi menggunakan jaringan data XL.

“XL selalu mengutamakan kemudahan. XL sudah bekerja-sama dengan operator Softbank di Jepang. Jadi cukup menggunakan XL Pass, kita bisa pakai kartu XL di Jepang,” timpal General Manager 4G LTE Executive Assurance PT XL Axiata, Ronhugo Leonard Tambunan.

Kerjasama yang ditandatangani itu, selain dalam bentuk sponsor, juga program edukasi melek internet ke sekolah-sekolah. XL akan mengajak mahasiswa-mahasiswa Tim Robot Poltek Batam berkeliling SMP dan SMA-SMK se-Batam. Mereka akan memberikan pemaparan tentang robot dan dunia digital.

XL juga sudah memiliki rencana untuk melibatkan Tim Robot Barelang FC dalam pameran XL di mal-mal. Tim robot dapat menunjukkan atraksi robot mereka ke khalayak umum.

“Seperti yang tadi diputar di acara. Mereka (para peserta seminar) kan jadi gembira melihat robot-robot itu bertanding,” kata Yan Ferdiyan lagi.

Kemenangan Tim Robot Poltek Batam terjadi setelah mengalahkan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) Nasional 2016, awal Juni lalu. Mereka berhasil memboyong tujuh piala dari tingkat regional dan nasional.

“Yang jelas, XL nggak akan rugilah, Pak, kalau sponsorin Tim Robot Poltek Batam,” tegas Ketua Tim Robot Barelang FC Poltek Batam, Hanjaya Mandala. (ceu)

Respon Anda?

komentar