Selasa, 19 Maret 2024

Kelistrikan, Objek Penting Perlu Diamankan

Berita Terkait

Ilustrasi
Ilustrasi

batampos.co.id – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) merasa kelistrikan adalah objek yang penting dan perlu dilindungi dari tindak terorisme. Selain itu standar operasional prosedural penanganan teroris di objek kelistrikan juga dirasa perlu oleh pihak BNPT.

“Kami ingin dengan sosialisasi ini, ada SOP penanganan teroris. Meskipun dengan peralatan yang minim. Jadi mampu mengatasi terorisme” kata Kepala BNPT Komjen Suhardi Alius saat membuka  rapat Sosilisasi Standar Opersonal Prosedur Penanganan Aksi Terorisme pada Objek Vital Nasional Sektor Ketenagalistrikan, di Hotel Alium pada Rabu (30/11) lalu.

Suhardi mengatakan saat ini aktifitas masyarakat sangat bergantung pada listrik.  Jika kelistrikan diganggu atau diserang teroris, maka seluruh aktivitas masyarakat bisa teranggu.

“Bayangkan jika listrik diserang. Apalagi Batam kawasan industri, seluruh kegiatan akan terhenti,” ucapnya.

Ia berharap dengan adanya rapat SOP ini. Para pihak yang bersinggungan dengan bagian kelistrikan, dapat mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan tersebut.

Ia juga menyebutkan bahwa letak Batam sangat strategis yang berbatasan dengan sejumlah negara.

“Kini terotis tak hanya jadi ancaman di luar negeri saja, tapi juga Indonesia. Kondisi geogragis ini, dimanfaatkan oleh teroris,” tutur Suhardi.

Oleh sebab itu, ia meminta seluruh pihak yang datang di rapat sosialisasi tersebut dapat saling bersinergi dengan instansi pengamanan seperti kepolisian maupun BNPT.

Ia menyebutkan juga sangat perlu membangun kepedulian semua pihak sangat penting agar sel-sel terorisme tidak tumbuh berkembang termasuk di Kepri.

“Bila ada gerakan tak lazim, laporkan saja,” tuturnya.

Ia meminta masyarakat tak hanya mengandalkan pihak keamanan.  Saat ini, Suhardi menilai terorisme terbanyak masuk dari sosial media sehingga perlu peran bersama untuk menanggulangginya.

Ia mengungkapkan di Batam pada beberapa waktu lalu, gerombolan terorisme ditangkap. Gerombolan ini merencanakan akan melaksanakan aksi di Singapuura.

“Untung cepat diketahui,” tuturnya.

Dengan kegiatan sosalisasi ini, BNPT berharap akan tercipta sinergitas antara berbagai lembaga untuk penanganan terorisme khususnya pada objek vital sektor kelistrikan.

Kegiatan sosialisasi ini juga dihadiri Kapolda Kepri Brigjen Pol Sam Budigusdian beserta sejumlah jajaran pejabat utama, Kabinda Kepri, Wakil Wali Kota Batam, perwakilan dari PLN. (ska)

Update