Petugas menunjukkan  E-KTP. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com
Petugas menunjukkan E-KTP. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

batampos.co.id – Mulai tahun 2017 mendatang, warga bakal lebih mudah mengurus administrasi kependudukan.

Pasalnya, Disdukcapil Kota Bogor bakal membuka layanan administrasi online melalui situs disdukcapil.kotabogor.go.id

Kepala Disdukcapil, Dody Achdiat, menuturkan bisa dibilang ini layanan pertama yang mengusung pendaftaran e-KTP dan kartu keluarga (KK) lewat online.

“Awal 2017 kita coba launching, dan mungkin akan ada beberapa perubahan di kantor kecamatan jika seluruh proses dilakukan di sana. Nanti hanya perekaman saja, saya kira ini akan menjadi lebih baik ke depannya,” kata Dody, Senin (5/12).

Meski belum resmi diluncurkan, kata Dody, sudah ada masyarakat yang mencoba layanan online registrasi tersebut. Dan memang pihaknya mengaku tidak menutup menu tersebut.

Sayangnya, lanjut dia, untuk pencetakan masih terhambat. Sebab blangko yang menjadi syarat e-KTP tak kunjung datang.

“Pengadaan melalui APBN di 2017 itu Januari dan sampai di daerah Februari atau Maret. Kota Bogor sendiri akan mendapatkan 60.000 blangko, harus disiapkan karena yang sudah melakukan perekaman banyak, tersisa 41.000 saja yang belum,” pungkasnya.

Penting kata Dody, bagi 41.000 yang tersisa segera melakukan perekaman. Sebab, kaitannya dengan pemilihan kepala daerah (Pilkada), jangan sampai apa yang menjadi haknya tidak didapatkan.

“Sekarang kalau buka di website Disdukcapil, baru ada menu KTP yang hilang dan rusak, tidak untuk membuat yang baru. Sementara itu saja, tapi ke depan akan ada pembaruan,” terangnya. (jpnn)

Respon Anda?

komentar