Selasa, 16 April 2024

Urus Sertifikat Bisa Hari Sabtu

Berita Terkait

ilustrasi
ilustrasi

batampos.co.id – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Batam wacanakan membuka pelayanan kepengurusan sertifikat tanah akhir pekan tepatnya di hari Sabtu mulai 2017 mendatang.

Kepala BPN Batam Asnaedi mengatakan sebelum dilaksanakan program tersebut kini pihaknya tengah mempersiapkan petugas yang cocok untuk menjalankan program tersebut.

“Sumber Daya Manusia (SDM)-nya masih kita persiapkan dulu,” kata Asnaedi, Selasa (6/12).

Sebelumnya, dia mengatakan wacana tersebut akan dilakukan untuk mempermudah masyarakat yang tidak sempat mengurus pada hari-hari biasa, apalagi di Batam rata-rata pekerja. Juga untuk menghindari agar masyarakat tak memakai jasa calo.

“Kita lihat dulu, masyarakat banyak nggak yang membutuhkan. Kalau perusahaan sewa jasa orang mungkin wajar karena ada anggaran, tapi kasihan jika misalnya tarif Rp 75 ribu harus keluar uang sampai Rp 500 ribu jika pakai calo,” ujarnya.

Namun demikian dia mengungkapkan wacana yang dia namakan weekend service ini tidak diperkenankan biro jasa dan pengusaha dan harus benar-benar yang mengurus adalah yang memiliki berkas.

“Khusus masyarakat, karena yang bersangkutan memang tak punya waktu pada hari biasa,” terangnya.

Menurutnya, Batam agak telat melaksanakan program ini, padahal di daerah-daerah lain program weekend service sudah dilaksanakan.

“Di mana-mana sudah, di Batam saja yang belum,” pungkasnya. (cr13)

Update