Ulang Tahun ke-59, Pertamina Serahkan Bantuan Pengolahan Sampah dan Santuni Anak Yatim

1809
Direktur Keuangan Pertamina Arief Budiman (tengah) turut serta dalam
kegiatan pembersihan Pantai Kampung Bugis Tanjunguban, Sabtu (10/12). foto:ahmadi/batampos

batampos.co.id – PT Pertamina (Persero) menyelenggarakan program Pemberdayaan dan Pembersihan Pantai Kampung Nelayan di lima lokasi secara serentak, Sabtu (10/12). Kegiatan itu merupakan bagian dari peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pertamina ke-59 yang jatuh tepat pada hari ini.

Tanjunguban, Bintan adalah salah satu dari lima lokasi pelaksanaan program secara serentak. Emapt lokasi lainnya adalah Pantai Grand Watu Dodol, Banyuwangi, Jawa Timur, Pantai Mutiara Hijau, Karangsong, Balongan, Jawa Barat, Pantai Teluk Penyu, Cilacap, Jawa Tengah, dan Pantai Kampung Atas Air, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Di Tanjunguban, sebanyak 1000 orang peserta yang terdiri dari pekerja Pertamina, SKPD, warga, pelajar, dan TNI/Polri mengikuti kegiatan ini di Pantai Kampung Bugis. Sejak pukul  08.00, warga sudah berkumpul meski acara resmi baru dimulai sekitar pukul 10.00 WIB. Mereka bergembira sambil senam, joget, dan menikmati musik. Lalu bersama-sama membersihkan pantai dari sampah.

Direktur Keuangan Pertamina Arief Budiman yang pada hari ini turut serta dalam kegiatan pembersihan Pantai Kampung Bugis Tanjunguban mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menggugah kesadaran masyarakat untuk lebih peduli akan kelestarian lingkungan pesisir pantai, khususnya dengan menjaga kebersihannya.

Selain itu, melalui beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan, termasuk di Tanjunguban, Bintan, dapat menjadi bukti komitmen Pertamina pada peningkatan kesejahteraan masyarakat nelayan di sekitar pesisir melalui program Corporate Sosial Responsibility (CSR) maupun Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) dengan momentum HUT perusahaan.

“Pertamina memiliki wilayah operasi dari ujung barat sampai dengan ujung timur tanah air. Sebagian diantaranya bersentuhan dengan pantai. Pertamina selalu berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar wilayah operasi, termasuk masyarakat pesisir sekitar Terminal BBM Tanjunguban. Untuk itu, kami tidak hanya melakukan bersih-bersih pantai tetapi juga melakukan beberapa program kegiatan CSR dan PKBL di Tanjunguban,” kata Arief.

Selain melakukan pembersihan pantai, Program Pemberdayaan dan Pembersihan Pantai Kampung Nelayan juga diisi dengan penanaman pohon di sekitar Pantai Kampung Bugis. Seperti di daerah lainnya, Pertamina juga memberikan bantuan CSR berupa layanan kesehatan dan pengobatan gratis untuk 500 orang warga, santunan kepada 59 anak yatim, dan bantuan taman baca di sekolah dasar. Total bantuan yang diserahkan untuk masyarakat Pantai Kampung Bugis senilai Rp 640 juta.

“Kami juga memberikan bantuan pemberdayaan berupa alat pengolahan sampah dan kompos yang diharapkan dapat mendukung kesejahteraan masyarakat pesisir Pantai
Kampung Bugis ini. Selama enam bulan ke depan kami akan melakukan pembinaan dan setelah itu mengevaluasi seberapa kuat komitmen warga mengoptimalkan bantuan tersebut,” tutup Arief. (uma)

Respon Anda?

komentar