Sabtu, 20 April 2024

Walikota Batam Dapat Kiriman 347 Pucuk Surat

Berita Terkait

ilustrasi

batampos.co.id – Jurnalis perempuan (Jupe) Batam telah mengantongi nama 10 besar peserta lomba menulis surat untuk Walikota Batam, Muhammad Rudi, setelah melakukan tiga tahapan seleksi.

Kegiatan lomba yang digagas Jupe Batam bertemakan ‘Dear Pak Wali’ ini ditujukan kepada peserta dari murid kelas IV sampai kelas VI SD. Melibatkan seluruh SD Negeri maupun Swasta yang ada di Kota Batam.

Ketua pelaksana kegiatan lomba, Devi Nur Eka Chayati mengatakan, surat yang berhasil diterima panitia sebanyak 347 surat.

“Surat yang masuk tersebut telah kami terima hingga akhir November lalu (30/11),” ujarnya.

Dari 347 surat tersebut, dilakukan seleksi tahap pertama berupa seleksi administrasi. Dijelaskannya, pada awal sosialisasi, panitia menetapkan beberapa kriteria, salah satunya peserta harus menulis di kertas HVS.

“Melalui seleksi administrasi ini, kami (panitia) men-sortir surat yang tidak memenuhi kriteria itu. Hingga tersisa menjadi 202 surat,” terang Devi.

Selanjutnya, seleksi tahap kedua lebih kepada kerapian, kebersihan, dan tatanan bahasa peserta.

“Melewati seleksi kedua ini, surat yang didapat mengerucut menjadi 100 surat,” sebutnya lagi.

Hingga ke tahap seleksi ketiga, panitia melakukan penilaian pada pemantapan isi ataupun pesan dari peserta yang ditujukan tepat kepada Walikota Batam. Didapatlah 10 nama peserta yang masuk dalam nominasi 10 besar.

Devi menambahkan, 10 peserta ini nantinya akan dipilih juara I, II, dan III, yang akan diumumkan saat acara puncak di gelaran pesta HUT Kota Batam, Minggu (18/12) mendatang.

“Selain piala, ketiga juara berhak mendapatkan tabungan pendidikan, sertifikat, serta bingkisan,” paparnya.

Sementara tujuh peserta lainnya, juga mendapatkan sertifikat maupun bingkisan. Ke sepuluh peserta ini akan diumumkan sebelum hari H (18/12), agar bisa mengikuti technical meeting Jumat (16/12).

Kegiatan yang didukung penuh oleh Pemko Batam, PGN, Alfamart, serta blog Seni Berjalan tersebut merupakan kegiatan yang pertama kalinya dilaksanakan di Kota Batam.

“Semoga lomba ini bisa memberikan perubahan yang baik untuk Kota Batam,” harap Devi yang juga jurnalis dari salah satu media visual di Batam. (cr15)

Update