Iklan
(ilustrasi)

batampos.co.id – Obesitas atau kegemukan saat ini menjadi masalah yang banyak dialami orang di seluruh dunia, baik tua maupun muda.

Iklan

Faktor pola makan dan kurang olahraga serta banyaknya makanan cepat saji membuat angka ini terus bertambah.

Kegemukan dapat menyebabkan banyak penyakit seperti sakit jantung, darah tinggi, diabetes, kanker, osteoartritis, asma, gangguan tidur, dan lainnya. Bukan hanya obesitas penyebabnya, hal ini diperparah jika ada salah satu keluarga yang juga terkena penyakit yang sama.

Kelebihan berat badan akan berpusat di bagian perut, hal ini juga meningkatkan risiko obesitas.

Dilansir Boldsky (18/12), sedikitnya ada enam penyakit yang bisa saja muncul setiap saat akibat obesitas.

1. Sakit Jantung

Kelebihan berat badan akan meningkatkan tekanan darah tinggi dan kolesterol. Jadi selalu jaga berat badan ideal, sehingga dapat terhindar dari kegemukan.

2. Kanker

Kegemukan dapat menyebabkan kanker usus, ginjal, payudara, dan lainnya. Selain itu ada lagi organ yang terancam seperti ovarium dan pankreas jika kegemukan.

3. Diabetes

Satu risiko diabetes tipe 2 akan muncul jika seseorang kegemukan. Hindari ini dengan mengurangi berat badan dan makan makanan sehat, tidur cukup, dan olahraga. Jika sudah terkena diabetes tipe 2, olahraga dan tidur cukup menjadi hal yang utama.

4. Asam Urat

Penyakit sendi sedperti asam urat dapat menyancam. Nyeri dan mati rasa dapat terjadi karena terlalu banyak tgumpukan lemak.

5. Gangguan Tidur

Kelebihan berat badan juga menyebabkan kondisi pernapasan tidak nyaman saat tidur. Hal itu membuat seseorang mendengkur dan menderita sesak napas saat tidur. Hal ini juga dapat menyebabkan kantuk di siang hari dan yang pada gilirannya dapat membuat jantung lebih rentan terhadap penyakit.

6. Osteoartritis

Penyakit ini menyerang lutut, pinggul atau punggung. Penurunan berat badan maka membantu meringankan pinggul dan punggung. (cr1/JPG)