Jumat, 29 Maret 2024

DPRD Batam Dorong Pemko Bentuk Tim Percepatan Translok

Berita Terkait

batampos.co.id – DPRD Kota Batam mendorong, agar segera dibentuknya Tim percepatan Transmigrasi Lokal (Translok) Petani Pemerintahan Kota (Pemko) Batam.

Pasalnya, sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Walikota dan Wakil Walikota Batam, tahun 2018, dicanangkan dibentuk kawasan translok petani.

Tidak tanggung-tanggung, tiga pulau di hinterland Batam, tepatnya di seberang pulau Punggur, Batubesar, Nongsa dijadikan lokasi cadangan bagi para petani translok.

“Kami melihat Pemko sudah mengusulkan tiga pulau dan para petani pun menyambut baik wacana ini. Untuk itu kita (DPRD) meminta agar dibentuk tim percepatan translok,” ujar Sukaryo, anggota Komisi I DPRD Batam, Minggu (18/12).

Sebagai wakil rakyat ia menilai perlu ada percepatan ini. Sehingga di awal tahun 2017 pemko sudah mecantumkan apa saja dan berapa kegiatan. Sehingga di tahun 2018, semua persiapan menuju program translok 2018 ini bisa terwujud.

“Saat kami reses kemarin, respon petani sangat luar biasa. Mereka sangat siap untuk segera di translokan,” terangnya.

Apalagi, kata Sukaryo, hal ini termasuk bentuk upaya jaminan pemerintah daerah terhadap warganya yang memang bekerja sebagai petani.

“Kami berharap konsepnya terpadu, supaya ke depan bisa menjadi daerah agribisnis dan wisata,” kata dia.

Sehingga, selain menyediakan stok kebutuhan di Batam, translok petani ini juga menjadi alternatif wisata baik bagi wisatawan lokal maupun turis mancanegara.

“Harusnya sudah ada persiapan-persiapan yang mengarah ke sana. Makanya kita dorong untuk membentuk tim percepatan dari pemko,” pungkasnya. (rng)

Update