Jumat, 29 Maret 2024

Ketua DPRD Batam: Batam Harus Berbenah

Berita Terkait

Walikota Batam Muhamad Rudi (empat dari Kiri) berjabat tangan dengan Wakil Walikota Batam, Asisten Ekonomi Pembangunan Kepri, Ketua, Wakil Ketua DPRD Batam, Ketua LAM Batam pada acara paripurna Istimewa Hari Jadi Batam di Gedung DPRD Batam, Minggu (18/12).
Foto: Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Ketua DPRD Kota Batam Nuryanto menyambut baik hari jadi Kota Batam ke 187. Ia berharap kedepannya Kota Batam bisa lebih baik lagi. Karena itu, Kota Batam harus berbenah, khususnya untuk pemerintah harus lebih perhatian dalam beberapa poin.

Poin yang pertama adalah dengan memprioritaskan kepercayaan publik dengan memberi pelayanan yang cepat. Sebab masyarakat Batam sangat mengharapkan pelayanan yang cepat dan mudah diakses.

“Pelayanan publik masih menjadi sorotan. Keterlambatan pengurusan pelayanan bisa jadi karena adanya hari libur dan akhir pekan. Ini harus jadi pemikiran kita semua untuk lebih baik lagi,” kata Nuryanto saat memberi kata sambutan di rapat paripurna istimewa hari jadi Kota Batam ke 187 di Gedung DPRD Kota Batam, kemarin.

Selanjutnya, kata Nuryanto isu ketenagakerjaan tengang upah sektoral yang setiap tahunnya selalu jadi permasalahan. Dalam hal ini pemerintah harus tegas tentang pengupahan. Poin ketiga adalah menanamkan nilai etika kediplinan dan kerjasama kepada para pelajar. Sehingga mereka bisa berpikir lebih baik dan bersatu meski berbeda-beda.

“Keempat tentang penyalagunaan narkoba akibat pengaruh global sehingga Indonesia menjadi darurat narkoba. Kita harus cepat cegah, apalagi Batam sebagai daerah perbatasan,” jelas Nuryanto.

Menurut dia, permasalahan banjir juga menjadi poin yang harus dibenahi oleh pemerintah. Dimana pemerintah diminta tidak terlalu fokus atas ketersediaan anggaran. Namun lebih ke regulasi dan usaha agar banjir tak terulang kembali.

“Pengawasan harus lebih diperketat dan pemerintah harus menyiapkan sanksi tegas bagi yang menyalahi. Jangan sampai perubahan peruntukan bertentangan dengan RTRW Batam,” tegas Nuryanto.

Sementara itu, Wali Kota Batam Muhammad Rudi mengatakan kemajuan kota Batam tak lepas dari perjuangan dari pemerintah terdahulu. Berbagai prestasi telah terpacangkan sehingga Batam bisa maju.

“Batam bisa sampai saat ini setelah melalui banyak proses. Karena itu diharapkan peningkatan dan peran serta pengabdian kita semua. Demi visi Batam lebih baik lagi,” kata Rudi saat memberi kata sambutan.

Menurut dia, Kota Batam masih dihadapkan dengan berbagai permasalahan dan tantangan. Diantaranya pembangunan yang harus diselesaikan, peningkatan SDM, fasilitas umum, peningkatan ekonomi, infrastruktur serta penguatan SDM yang bebas dari KKN.

“Disampung itu kita harus memikirkan kondisi ekonomi nasional. Meski begitu marilah bersama-sama kita jaga kondusif Batam dalam investasi. Serta menjaga kesatuan dan persatuan,” pungkas Rudi. (she)

Update