Jumat, 29 Maret 2024

Tak Satupun Puskemas di Batam Terakreditasi

Berita Terkait

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Chandra Rizal. Foto: Immanuel Sebayang/ Batam Pos

batampos.co.id – Harapan masyarakat Batam, terutama di wilayah hinterland untuk mendapatkan layanan Puskesmas namun berasa Rumah Sakit, masih jauh dari harapan.

Rupanya, hingga saat ini, tidak satupun dari 17 puskesmas di Batam yang terakreditasi, sehingga standar mutu pelayanan yang diharapkan menyerupai rumah sakit masih belum bisa dilakukan.

Hal ini dibenarkan Kepala Dinas Kesehatan (dinkes) Kota Batam, Chandra Rizal.

“Memang belum ada, dari 17 puskesmas tersebut yang memiliki akreditasi,” kata dia, Minggu (18/12/2016)

Rencananya, tahun 2017 nanti Dinkes baru akan mengajukan lima puskesmas yang akan diakreditasi.

Namun sebelumnya, pihaknya juga harus melengkapi persyaratan puskesmas yang akan diakreditasi seperti, IPAL, SDM, dan sarana prasarana pendukung lainnya.

“Tentunya untuk mendapatkan akreditasi ada persyaratan yang harus dipenuhi. Kami berharap akreditasi nanti bisa menunjang bentuk pelayanan kepada masyarakat,” jelas Chandra.

Sementara itu, Ketua Komisi IV DPRD Kota Batam, Ricky Indrakari mengatakan akreditasi sangat penting, karena bisa mempengaruhi mutu pelayanan terhadap kepuasan masyarakat dalam memperoleh pelayanan.

“Tengah kami bahas, dan kami berharap hal ini bisa masuk dalam APBD 2017 nanti,” kata dia saat dihubungi, kemarin.

Pihaknya mendorong pemerintah Kota Batam, dalam hal ini Dinkes untuk mengajukan puskesmas yang dinilai layak mendapatkan akreditasi.

“Kami akan verifikasi yang mana yang layak untuk dilakukan akreditasi terlebih dahulu. Namun begitu, puskesmas yang berada di wilayah hinterland atau jauh dari rumah sakit lainnya jadi prioritas utama,” jelas Riki.

Puskesmas yang telah memiliki akreditasi lanjutnya, akan memiliki manajemen layaknya rumah sakit pada umumnya. Baik dari sarana dan prasarana, obat maupun pelayanan.

“Kami inginnya lebih banyak masyarakat yang berobat ke puskesmas, dari pada ke swasta. Salah satu caranya adalah dengan perbaikan pelayanan,” imbuh politiski PKS tersebut. (cr17)

Update