Selasa, 23 April 2024

Cegah Tumpukan Penumpang, Ini yang Dilakukan Otoritas Pelabuhan Sekupang

Berita Terkait

Penumpang memadati Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS) paska libur panjang, Senin (9/5/2016). Saat natal dan tahun baru Desember 2016 ini, pelabuhan akan memberlakukan sistem buka tutup. Foto: Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Otoritas Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS), akan memberlakukan sistem buka tutup menghadapi arus mudik Natal dan Tahun Baru 2017 nanti. Sistem ini diharapkan bisa mengatasi tumpukan calon penumpang di pelabuhan.

“Karena ramai, jadi kita buka tutup agar penumpang tidak menumpuk,” ujar Kepala Satuan Kerja (Kasatker) Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS), Denni Setiawan, Senin (19/12/2016).

Selain itu, untuk kenyamanan calon penumpang, pihaknya juga menyiapkan tenda dan kursi tambahan untuk penumpang beristirahat menunggu jam keberangkatan.

“Ada 100 kursi yang kita siapkan di halaman luar,” sebut dia.

Pihak PDS juga menyiapkan posko yang terdiri dari TNI, KKP, dan Dinas Kesehatan Kota Batam, untuk membantu kelancaran arus mudik.

Sementara itu, Kepala Syahbandar PDS, Komaruddin mengatakan peningkatan jumlah penumpang diperkirakan terjadi 22-23 Desember nanti. Sekitar 11 ribu penumpang diperkirakan akan mudik natal dan tahun baru nanti.

“Selain natal dan tahun baru, sekarang juga libur sekolah, jadi pasti banyak yang hendak mudik,” kata dia.

Namun demikian untuk natal, pihaknya merasa tidak terlalu padat penumpang di PDS, karena kebanyakan pemudik menggunakan KM Kelud milik PT Pelni.

“Menningkat dari hari biasa, tapi tidak terlalu padat karena kebanyakan mereka pakai Pelni,” sebut dia.

Sementara itu Kepala Operasional Pelni Cabang Batam, Ending Wahyudi mengatakan keberangkatan tanggal 22 Desember sudah penuh. Pemudik yang mudik menggunakan jasa Pelni akan diberangkatkan melalui pelabuhan Batuampar.

“Kita masih di Batuampar, untuk penunjang kelancaran pemudik, pihaknya menyediakan lima bus sebagai mobilisasi dari pelabuhan ke kapal,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga akan memberlakukan sistem buka tutup jelang keberangkatan penumpang.

“Menghindari desakan penumpang, check ini dilakukan bertahap. Untuk persiapan mudik natal dan tahun baru, sama dengan tahun sebelumnya” sebut dia. (cr17)

Update