Sabtu, 20 April 2024

Naik Pangkat, Kapolda Kepri Diminta Tingkatkan Keamanan

Berita Terkait

batampos.co.id– Kapolda Kepri Sam Budigusdian resmi menyandang pangkat Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol) atau naik setingkat dari pangkat sebelumnya, Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen Pol). Tanda kenaikan pangkat ini disematkan oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian dalam upacara Kenaikan Pangkat Pati Polri di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (20/12).

“Baru saja dilantik,” kata Sam saat dihubungi koran Batam Pos, kemarin siang.

Dalam upacara itu, kata Sam, tidak ada pesan khusus dari Kapolri. Namun sebelum pelantikan, ia dan beberapa perwira tinggi (Pati) Polri lainnya mendapat arahan langsung dari Persiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka.

Khusus kepada dirinya, Presiden berpesan agak keamanan di Kepri terus ditingkatkan. Sebab sebagai wilayah perbatasan, Kepri dinilai rawan terjadi berbagai tindak kejahatan. Mulai dari penyelundupan barang ilegal, narkoba, hingga penyelundupan manusia.

“Presiden ingin keadaan di Kepri tetap kondusif,” katanya.

Lebih khusus Presiden berpesan agar keamanan dan kondusifitas di Batam terus dijaga dan ditingkatkan. Sebab sebagai daerah industri dan daerah tujuan investasi, kemananan dan kondusifitas Batam bersifat sangat vital. Sebab setiap kejadian yang mengancam keamanan akan langsung menjadi perhatian nasional, bahkan dunia.

“Kondisi yang aman akan mendatangkan investor, roda industri dan ekonomi akan bergerak,” ujarnya.

Selain itu, Presiden meminta Kapolda Kepri bersikap tegas dan adil dalam menegakkan hukum. Presiden berharap Kapolda tidak tebang pilih dalam penegakan hukum, khususnya di wilayah Kepri.

“Mau itu (kaum) mayoritas atau minoritas, yang salah akan tetap ditindak,” ucapnya.

Yang tak kalah pentingnya, Presiden berharap Kapolda Kepri ikut berperan menyebarkan semangat kebangsaan dan nasionalisme. Terutama kepada para generasi muda. “Tetap setia pada NKRI dan Pancasila,” ungkapnya.

Terkait arahan Presiden itu, Sam mengatakan selama ini pihaknya sudah berupaya memperkuat jajarannya, terutama di wilayah-wilayah yang berbatasan langsung dengan negara tetangga. Seeperti Natuna dan Anambas. Selain menambah kekuatan personel, pihaknya juga terus meningkatkan sarana dan fasilitas pendukung kinerja kepolisian menjaga kondusifitas wilayah perbatasan.

“Kami sudah dirikan Polres Anambas, nanti akan diperkuat. Begitu juga dengan Polres Natuna,” ungkapnya.

Naiknya kepangkatan Sam ini sejalan dengan perubahan status Polda Kepri dari tipe B menjadi tipe A. Selain dirinya, Wakapolda Kepri Didi Haryono juga naik pangkat dari Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) menjadi Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen Pol).

Sam dan Didi naik pangkat bersama dengan 19 pejabat Pati Polri lainnya. Mereka dilantik di Gedung Rupatama Mabes Polri, kemarin.

Kapolda mengatakan, kenaikan pangkat yang ia terima kemarin merupakan amanah. Ia memaknai kenaikan tersebut sebagai simbol dari bertambahnya beban kerja dan tanggungjawab yang harus ia jalankan.

Ia mengakui, Kepri memang sangat rawan dengan berbagai permasalahan khas perbatasan. Karenanya, butuh kerja keras dan kerjasama lintas instansi untuk menjaga keamanan di wilayah ini.

“Ke depan saya akan menjalin kerjasama yang lebih erat dengan berbagai instansi. Agar bisa menjaga keamanan dan kesatuan NKRI,” katanya. (ska)

Update