ilustrasi

batampos.co.id – Tidak lama lagi natal dan tahun baru tiba, harga kebutuhan di Pasar Tos 3000 Jodoh saat ini belum menunjukkan kenaikan yang signifikan. Beberapa pedagang mengaku harga akan tetap stabil selama pasokan dari Jawa dan Medan lancar.

Iklan

Pantauan koran Batam Pos, harga cabai merah asal Jawa dan Medan kisaran Rp 40-45 ribu per kilo, cabai rawit kisaran Rp 55-58 ribu per kilo, cabai hijau Rp 35 ribu per kilo, tomat kisaran Rp 10-12 ribu per kilo dan harga telur ayam Rp 36 ribu per papan.

Sementara itu, bawang merah Thailand kisaran 15 ribu per kilo, bawang merah Birma Rp 8 ribu per kilo, bawang putih Rp 34 ribu per kilo, kol Rp 7 ribu per kilo, buncis Rp 10 ribu per kilo dan kentang masih diharga Rp 8 ribu per kilo.

Satu diantara pedagang sayur, Maya menjelaskan bahwa untuk harga sayur saat ini tidak mengalami kenaikan yang terlalu signifikan dan cenderung stabil hanya beberapa jenis saja yang mengalami kenaikan.

“Seperti harga bawang putih naik seribu saja dari Rp 33 ribu menjadi Rp 34 ribu per kilo. Itu saja, tapi harga akan stabil selama persediaan lancar, ” kata Maya.

Dia menjelaskan bahwa memang beberapa sayur khususnya yang didatangkan dari Jawa dan Medan belum mengalami kenaikan, sedangkan untuk lokal masih stabil harganya. “Bayam dan Kangkung dari Batam dan Tanjungpinang, saat ini cuma Rp 2 ribu per kilonya,” sebutnya.

Meskipun begitu, dia menduga kenaikan akan terjadi saat natal dan tahun baru. “Karena petani di Medan kebanyakan sudah libur untuk bertani sampai tahun baru. Biasanya mulai tanggal 25 Desember sampai tahun baru.” ujarnya.

Sementara itu, harga daging sapi dan ayam juga masih stabil. Salah seorang penjual, Edy mengatakan natal dan tahun baru tidak akan berpengaruh banyak terhadap harga daging sapi dan ayam.

“Daging sapi masih Rp 85 ribu, ayam segar Rp 28 ribu perkilo dan ayam potong Rp 25 ribu perkilo,” sebut Edy. (cr18)