Sigale-gale, patung kayu yang melegenda di Batak Toba. Patung ini bisa dijumpai di Pulau Samosir di Danau Toba. rencananya akan dibuat Patung Sigale-Gale yang lebih besar dan setinggi monas. Foto: istimewa

batampos.co.id – Liburan Natal dan Tahun Baru ke Danau Toba, sekarang akan semakin mudah. Itu setelah, Bandara Silangit di Siborong-borong – Tapanuli Utara, Sumatera Utara, menyediakan transportasi gratis menuju tiga tempat lokasi yang melalui akses Bandara Silangit.

”Seluruh penumpang yang mendarat di Bandara Silangit kini telah tersedia Bus Damri untuk tujuan Tarutung, Dolok Sanggul, dan Porsea. Bus tersebut tersedia dari tanggal 21 Desember 2016 hingga 10 Januari 2017, Armada ini tidak memungut biaya apapun alias gratis,” ujar Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba, Arie Prasetyo.

Tentu saja, fasilitas ini akan mempermudah bagi wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara menikmati liburan natal dan tahun baru di danau Vulkanik terbesar di dunia itu.

Lebih lanjut Arie mengatakan, saat ini memang Silangit terus berbenah. Bandara yang dekat dengan Danau Toba itu sedang menjalankan renovasi.

Kata Arie, status pekerjaan Bandara Silangit  per 17 Desember 2016 yakni pembangunan terminal penumpang Tahap 1 seluas 1.706 m2 dengan target kapasitas 100.000 pax/tahun sudah mencapai 60%.

Selain itu, pekerjaan runway menjadi 2.650×45 m masih berlangsung diharapkan selesai sebelum akhir tahun 2016.

”Bukan itu saja, Apron akan diperluas untuk menampung 4 pesawat, target penyelesaian terminal dan runway Maret 2017,”ujar Arie.

Seperti diketahui, semenjak ada Bandara Silangit, perjalanan menuju Danau Toba kini lebih singkat.

Setelah Garuda Indonesia, kini maskapai Wings Air, Batik Air dan Sriwijaya Air juga memastikan mendarat di Silangit. Saat ini, Bandara Silangit memiliki luas lahan 198 hektare dengan panjang landas pacu (runway) 2.250 meter dan lebar 30 meter. Luas terminal sekitar 650 meter persegi yang saat ini sedang terus direnovasi.

Bukan itun saja, untuk menyambut liburan Natal dan Tahun Baru, beberapa maspakai penerbangan juga menambah volume penerbangannya. Salah satunya yang dilakukan Garuda Indonesia. Guna mengantisipasi lonjakan penumpang pada libur Natal dan Tahun Baru, Garuda Indonesia menambah hingga 26.260 kursi untuk penerbangan domestik dan internasional termasuk ke Silangit.

“Ada penambahan untuk rute-rute penerbangan domestik yang ramai seperti Jakarta-Denpasar, Jakarta-Silangit-Pinangsori, Jakarta-Medan, Manado-Sorong, Sorong-Timika, Sorong-Jayapura, Medan-Silangit, Denpasar-Surabaya, Biak-Nabire, Jayapura-Nabire, Timika-Nabire, dan Jakarta-Singapura,” kata Vice President Corporate Communications Garuda Indonesia, Benny S. Butarbutar.

Benny mengatakan bahwa musim libur Natal dan Tahun Baru tahun 2016 mengalami peningkatan 15 persen dibanding tahun 2015 pada periode yang sama. Jumlah kapasitas kursi tambahan yang disiapkan Garuda Indonesia terdiri dari 22.204 kursi untuk 150 penerbangan esktra rute penerbangan domestik.

Sementara 40 penerbangan yang sebelumnya menggunakan pesawat Boeing 737-800 NG, diganti menggunakan pesawat berbadan lebar atau wide body untuk rute domestik maupun internasional. Pesawat berbadan lebar memberi tambahan hingga 4.056 kursi tambahan.

Kursi tambahan ini diberlakukan khusus untuk periode libur Natal dan Tahun Baru yang terhitung dari 9 Desember 2016 sampai 23 Januari 2017.

Garuda Indonesia mengimbau para penumpang untuk datang lebih awal ke bandara pada libur Natal dan Tahun Baru serta memanfaatkan fasilitas Web Check In lewat situs resmi Garuda Indonesia atau City Check In lewat kantor penjualan tiket Garuda Indonesia. (inf)

Respon Anda?

komentar