Sabtu, 20 April 2024

APBD 2017 Batam belum Dibahas

Berita Terkait

Nyanyang Haris Pratamura
foto: iman wachyudi / batampos

batampos.co.id – Tahun 2017 tinggal seminggu lagi. Tapi belum ada tanda-tanda APBD 2017 Batam bakal disahkan pada akhir tahun sesuai Undang-Undang (UU) Nomor 23 Tahun 2014. Pasalnya, banyak anggota dewan yang kunjungan keluar daerah.

Ketua Komisi I DPRD Batam, Nyanyang Haris Pratamura membenarkan bahwa ia bersama anggota Komisi I lainnya tengah melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Bandung.

“Iya, lagi ke Bandung kunjungan kerja,” ujar Nyanyang, singkat, Kamis (22/12).

Senada, Anggota Komisi II, Aman mengaku Komisi II juga melakukan kunjungan kerja ke Jakarta. Tujuannya adalah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), guna berkonsultasi mengenai struktur APBD sekaligus bagaimana menyusun APBD yang baik.

“Susunan APBD baik menyangkut kepentingan masyarakat dan sekaligus mempertanyakan sanksi-sanksi apa saja ke kemendagri bila pembahasan APBD terlambat,” kata Aman.

Namun demikian, Aman mengatakan, secara teknis belum diatur apa konsekuensinya. lantaran Peraturan Pemerintah (PP) yang merupakan turunan dari UU Nomor 23 tahun 2014 mengenai pembahasan APBD masih dilakukan pembahasan di kemendagri.

“Makanya kita konsul kesini. Sehingga kita di Batam tidak ragu nanti. Namun yang jelas, saya berharap lebih cepat dibahas tentu lebih baik,” ujarnya.

Di kemendagri, pihaknya juga berkonsultasi mengenai pokok-pokok pikiran DPRD melalui reses. Bagaimana reses bisa diakomodir di setiap kegiatan pemerintahan. Sehingga pemko tak ragu mengambil pokok-pokok DPRD ini menjadi sebuah program.

“Intinya kita ingin mendengar langsung dari kemendagri dan tak ingin ada sanksi. Serta yang paling penting bagaimana program bisa berjalan dan kepentingan masyarakat bisa direalisasikan,” ungkap politisi Partai Kebangkitan Bangsa itu.

Terkait masalah kungker apa masih bisa atau tidak mengingat deadline pembahasan tinggal menunggu hari, Aman menilai bisa. Pasalnya, masih ada program beberapa komisi yang harusnya berangkat bulan lalu, tetapi diundur di bulan berikutnya.

“Hari ini, Kamis (22/12) DPRD bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) pemko tengah rapat menyatukan persepsi beberapa hal dulu. Makanya besok, Jumat (23/12) pagi-pagi kita sudah kembali ke Batam karena akan ada paripurna,” ucapnya. (rng)

Update