Selasa, 23 April 2024

Masyarakat NTB di Batam Galang Dana untuk Korban Banjir Bima

Berita Terkait

Sejumlah pemuda dari Himpunan Masyarakat Bima Batam menggalang dana untuk korban bencana alam banjir bandang di Bima, Nusa Tenggara Barat di Simpang Kabil, Kamis (22/12). Foto: Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Banjir bandang yang terjadi di Kota Bima sejak Rabu (21/12) sore hingga Kamis (22/12) pagi memantik aksi peduli warga rantau asal Bima, Dompu dan Sumbawa di Batam.

Aksi dilakukan dengan cara menggalang dana dari masyarakat Batam dan khususnya warga asal Provinsi Nusa Tenggara Barat.

“Ini (galang dana, red) yang bisa kami lakukan, semoga ini bermanfaat bagi keluarga kita di Kota Bima,” kata koordinator galang dana, Nazar, di simpang Kabil, Kamis (22/12) siang.

Menurutnya, penggalangan dana yang diinisiasi oleh Himpunan Masyarakat Bima (Himas Bima) Batam dan Persatuan Keluarga (PK) NTB Kepri ini akan dilakukan hingga Minggu (25/12) mendatang. “Jika berkenan, kami harap masyarakat di Batam bisa membantu,” harapnya.

Sementara itu, Sekretaris Himas Bima Syahruddin M Sidik menuturkan korban banjir kini butuh bantuan, seperti air bersih, makanan, juga selimut. “Sejauh ini, korban jiwa tak ada kami dapatkan informasinya. Yang pasti korban banjir butuh bantuan kita, ” ucapnya.

Seluruh wilayah daerah itu dikepung banjir. Alhasil, ribuan rumah warga di Kota Bima terendam banjir, setelah hujan deras mengguyur daerah tersebut.

Tak hanya di Kota Bima yang seluruh wilayah diterjang banjir hingga dua meter, di Kabupaten Bima yakni di Desa Maria dan Desa Kambilo, Kecamatan Wawo juga terendam banjir, selain itu anjir juga merendam Desa Unter Kroke Kecamatan Unter Iwis Kabupaten Sumbawa. (cr13)

Update