Kamis, 25 April 2024

67 Perusahaan di Batam Tutup Selama Tahun 2016

Berita Terkait

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Batam, Rudi Sakyakirti. Foto: Wijaya Satria/ Batam Pos

batampos.co.id – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Batam mencatat sepanjang tahun 2016 ini terdapat sebanyak 67 perusahaan yang tutup. Jumlah ini mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan tahun 2015 yang hanya 54 perusahaan.

Kepala Disnaker Kota Batam, Rudy Sakyakirti mengatakan tutupnya perusahaan ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya masalah finansial, abis kontrak, dan proyek selesai.

“Itu jumlah yang melapor ke kami, kebanyakan karena proyek sudah selesai,” kata Rudy.

Bertambahnya perusahaan yang tutup ini, tentunya mempengaruhi angka pencari kerja di Batam. Data Disnaker hingga November ini menyebutkan terdapat 13 ribu pencari kerja yang terdaftar.

Saat ditanyai masalah perusahaan yang buka pada tahun 2016 ini, dia menyebutkan belum mengetahui ada berapa perusahaan yang telah buka.

“Kemarin informasinya ada yang buka di Mukakuning, tapi hanya butuh tenaga kerja 50 orang, yang daftar ribuan orang,” sebut mantan kadisperindag Batam ini.

Dia berharap perusahaan yang buka mampu mengakomodir jumlah pencari kerja yang ada di Batam, karena menurut dia hingga saat ini Batam masih menarik bagi pencari kerja dari luar.

“Harapannya tentu investasi terus berjalan, demi terciptanya lapangan kerja. Dan angka pencari kerja bisa menurun,” ujar pria asal Sumatera Barat ini. (cr17)

Update