Gubernur Kepri Nurdin Basirun. foto:humas pemprov

batampos.co.id – Gubernur Kepri, Nurdin Basirun akan mempercepat pembangunan Sekolah Maritim di Kabupaten Bintan.

Menurut Gubernur Nurdin, pembangunan maritim Kepri membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal di berbagi bidang kemaritiman. Selain itu, Kepri juga membutuhkan SDM yang kompeten di bidang kedirgantaraan.

“Untuk mendukung keterhubungan antar wilayah Kepri yang 96 persen terdiri dari lautan. SDM kemaritiman dan kedirgantaraan menjadi salah satu yang harus dipersiapkan,” ujar Gubernur Nurdin di Graha Kepri, Batam, Senin (26/12/2016).

Dikatakan Nurdin, pergerakan arus barang dan orang di Kepri harus cepat kedepannya. Apakah itu melalui laut maupun udara. Sehingga perputaran uang bisa bergerak cepat. Diakui Nurdin, pembangunan sekolah kemaritiman di Bintan menjadi sesuatu yang dibutuhkan.

Sebagai mantan nakhoda, Nurdin paham betul pentingnya SDM Kepri dibekali pendidikan formal di sektor ini. Walaupun dia paham bahwa pengalaman lapangan, dengan mengarungi laut Kepri, kemahiran akan semakin terasah.

Atas dasar itu, dalam beberapa kesempatan, Gubernur selalu meyakinkan dan meminta arahan agar pendirian sekolah ini cepat teralisasi. Terakhir, belum lama ini, Gubernur sempat berbincang dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi membicarakan hal tersebut.

Menteri, kata Nurdin, minta Pemprov Kepri segera mengirim proposal rencana itu. Selain itu, masalah lahan harus sudah selesai.

“Untuk lahan kita sudah punya rencana. Dalam waktu dekat proposal akan kita kirim ke Pak Menteri,” papar Nurdin.

Respon postif Menteri, kata Nurdin, harus segera ditindaklanjuti. Karena itu Nurdin minta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait segera menyiapkan semuanya. Lebih lanjut kata Nurdin, Kepri harus menunjukkan mampu mengelola dan menghasilkan SDM yang handal bidang kemaritiman.

Nurdin tahu banyak anak muda Kepri yang berminat mengikuti dunia kemaritiman. Beberapa lulusan sekolah menengah atas, setiap tahun ada yang mengikuti tes baik di Semarang ataupun Jakarta. Jika lokasinya di daerah sendiri, Nurdin yakin peminatnya makin banyak.

Selain soal SDM kemaritman, Nurdin juga ingin untuk urusan kedirgantaraan juga harus didukung dan disiapkan. Apalagi di hampir semua kabupaten dan kota di Kepri memiliki lapangan udara.

Di Ranai, Palmatak, Dabosingkep, Karimun, Batam, Tanjungpinang sudah ada bandara yang eksis. Kini dalam progres pembangunan ada di Letung, Tambelan dan Bintan. Apalagi, kata Nurdin, Batam kini sudah jadi hub ke berbagai wilayah seluruh Indonesia melalui jalur udara.

“SDM kita harus semakin siap untuk itu semua,” tutup Mantan Bupati Karimun tersebut. (jpg)

Respon Anda?

komentar