Kamis, 25 April 2024

Lumba-lumba Mati Terdampar di Tanjunguma

Berita Terkait

Warga Tanjunguma ramai-ramai melihat lumba-lumba yang mati terdampar di pantai Tanjung Tritip, Senin (26/12/2016). Foto: cecep mulyana/batampos

batampos.co.id – Warga Tanjunguma, tepatnya disekitar Pantai Pak Musa Tanjung Tritip, dihebohkan dengan keberadaan seekor lumba-lumba tak bernyawa yang terdampar di pinggir pantai tersebut, Senin (26/12) siang.

Cerita salah satu warga setempat, Dakir mengatakan, lumba-lumba itu terbawa arus pasang yang terjadi sejak pagi hari.

“Sekira pukul 12.00 WIB, air surut dan lumba-lumba itu sudah tergeletak mati berjarak kurang lebih 50 meter dari tepi pantai,” ujarnya.

Menurutnya, lumba-lumba itu mati akibat tertembak. “Di bagian badannya ada lubang dalam seperti bekas peluru,” terangnya.

Dari siang hingga sore, warga berbondong-bondang melihat lumba-lumba malang itu. Banyak anak-anak yang mengerumuni lumba-lumba tersebut, padahal bau amis sudah mulai merebak.

“Tidak tahu mau diapakan. Biasanya dibiarkan saja, hingga terbawa arus lagi,” ucap Dakir.

Hal serupa sebelumnya juga pernah terjadi beberapa tahun lalu, tepatnya di tepi pantai yang tak berada jauh dari Pantai Pak Musa. Dakir menjelaskan, kala itu seekor lumba-lumba yang terdampar tersebut tidak diketahui pasti penyebab matinya, karena tidak ada ditemukan luka.

“Yang dulu itu lebih besar dari yang sekarang. Ini (lumba-lumba sekarang) sepertinya masih yang anak,” pungkasnya. (cr15)

Update