Kamis, 25 April 2024

2016 ISPA Hantui Warga Sagulung, 3.505 Orang Terserang

Berita Terkait

Ilustrasi

batampos.co.id – Tercatat hingga November 2016, sebanyak 3.505 warga Sagulung, terserang penyakit infeksi saluran pernafasan atas (ispa). Data ini diperoleh dari Puskesmas Seilekop, Sagulung.

“Tahun ini lebih didominasi penyakit ispa dan sering diderita warga di sini,” jelas Kepala Puskesmas Seilekop, dr Erizal Syafri, Rabu (28/12/2016).

Dia mengatakan penyakit gangguan pernapasan ini umumnya di sebabkan karena faktor cuaca yang tidak menentu dan suka berubah, serta juga dipengaruhi kondisi lingkungan yang kotor, sehingga sirkulasi udara yang masuk tidak sehat dan mengakibatkan daya tahan tubuh semakin melemah.

“Penyakit ini sangat mudah menyerang siapa pun. Tidak mengenal usia, baik itu anak-anak, dewasa, dan juga lansia,” terangnya.

Lebih lanjut Erizal menuturkan untuk pencegahan penyakit ini bisa dilakukan dengan menjaga pola makan yang teratur agar daya tahan tubuh dapat terjaga dengan baik, serta menjaga kondisi lingkungan sekitar terus tetap bersih, sehingga sirkulasi udara yang dihirup setiap harinya sehat.

“Semuanya memang harus dimulai dari kesadaran diri sendiri. Mau sehat ya harus bersih, dan harus mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi,” imbuhnya.

Dia berharap kesadaran masyarakat untuk hidup sehat bisa terbangun kedepannya, sehingga warga tidak akan mudah terserang penyakit.

“Lebih baik mencegah dari pada mengobati. Mari hidup sehat dimulai dari sekarang,” ajaknya.  (cr20)

Update