Sabtu, 20 April 2024

Rumah Sakit Awal Bros Batam Raih Penghargaan Trauma Center Award 2016 dari BPJS Ketenagakerjaan

Berita Terkait

Seorang pekerja kontraktor sedang mengelas besi untuk dijadikan pondasi jalan tambahan di Sisi Jalan Teuku Umar, Lubukbaja, Rabu (28/12). Atribut keselamatan dalam bekerja perlu diperhatikan untuk mengurangi kecelakaan dalam bekerja.
Foto:Rezza Herdiyanto/Batam Pos

batampos.co.id – Rumah Sakit Awal Bros (RSAB) Batam memenangkan penghargaan Trauma Center Award 2016 dari BPJS Ketenagakerjaan, Kamis (29/12). RSAB menjadi Trauma Center terbaik yang ada di wilayah Sumbariau (meliputi Kepulauan Riau).

“Penghargaan ini dalam rangka ulang tahun ke-39 BPJS Ketenagakerjaan. Ini achievement yang diberikan kepada RSAB yang telah bekerjasama dengan kami,” kata Kepala BPJS Ketenagakerjaan Batam – Nagoya, Ahmad Fatoni, usai menyerahkan penghargaan untuk RSAB di Ruang Morning Report RSAB, Kamis (29/12).

Rumah Sakit Trauma Center merupakan rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan untuk melayani peserta yang mengalami kecelakaan kerja atau penyakit akibat kerja. Dalam penghargaan ini, setiap kantor BPJS Kesehatan mengusulkan satu trauma center ke kantor wilayah (Kanwil).

Total, ada 129 trauma center yang terkumpul di seluruh wilayah Indonesia. Penjurian kemudian menghasilkan 11 trauma center terbaik yang ada di setiap kantor wilayah BPJS Ketenagakerjaan se-Indonesia.

“Tentu ada sejumlah kriteria yang harus dipenuhi untuk dapat diusulkan sebagai rumah sakit trauma center terbaik,” tuturnya.

RSAB, jelas Fatoni, memenuhi kaidah-kaidah perawatan dari BPJS Ketenagakerjaan. Seperti, pemenuhan pelayanan golden hours (istilah kedokteran untuk pelayanan segera), perawatan yang memenuhi standar medis, serta tertib dalam hal administrasi.

Ini terkait dengan ketepatan penagihan. Ketepatan penagihan itu terbilang penting. Sebab, ketepatan penagihan akan berimbas pada cashflow rumah sakit dan prediksi pembayaran BPJS Ketenagakerjaan.

“Para pasien pun menyatakan bahwa pelayanan di RSAB lebih baik dari rumah sakit lain,” tambahnya lagi.

Direktur RSAB Widya Putri gembira menerima penghargaan tersebut. Menurutnya, penghargaan itu bisa diterima karena RSAB memiliki fasilitas kesehatan yang baik. Mulai dari Unit Gawat Darurat (UGD), tenaga spesialis, dan ruang perawatan.

“Dan juga, jika melakukan tindakan segera, kami bisa langsung mengambil keputusan,” tuturnya. (ceu)

Update