Sabtu, 20 April 2024

Tahun 2017, Saatnya Batam Panen Wisatawan

Berita Terkait

Wisatawan dan warga Batam berfoto dengan latar belakang Jembatan Barelang saat menikmati liburan. Foto: Cecep Mulyana/ Batam Pos

batampos.co.id – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Batam menetapkan tauhn 2017 Batam menjadi tahun Pariwisata. Pihaknya telah menyampaikan rancangan program strategis pariwisata Batam kepada Pemerintah Kota Batam, BP Batam, Dinas Pariwisata Kepri, Kementerian Pariwisata, Badam Promosi Pariwisata Indonesia (BPPI) dan seluruh asosiasi dunia usaha di Batam.

“Sektor pariwisata merupakan sektor unggulan di Batam, setelah industri manufaktur, galangan kapal atau shipyard dan offshore, perdagangan dan jasa IT,” ujar Ketua Kadin Batam, Jadi Rajagukguk, Sabtu (31/12/2016).

Menurut Jadi, pemerintah daerah harus fokus dalam pengembangan sektor pariwisata yg selama ini belum dikembangkan dengan maksimal.

“Kita semua harus berbenah diri, mulai dari pengusaha khususnua yang bergerak sektor pariwisata. Selain pengembangan dan pembangunan sarana dan prasarana, juga pengembangan tempat-tempat rekreasi menjadi destinasi objek wisata,” ungkapnya.

Salah satu pilihan menarik adalah pengembangan Wisata olahraga harus dikembangkan. Batam memiliki gelangang olahraga Temenggung Abdul Jamal yang merupakan aset BP Batam. Stadion tersebut bisa menjadi  venue untuk acara-acara olahraga baik tingkat nasional maupun internasional.

“Bisa buat kompetisi bola antar klub, basket dan buluh tangkis antar negara Asia Tenggara termasuk event-event golf, balap sepeda diadakan di Batam,” katanya lagi.

Selain itu ditambah munculnya fasilitas hotel baru seperti Best Western Primier di Panbil menambah fasilitis penunjang kegiatan pariwisata berbasis MICE (meeting, incentive, converence and exhibition).

“Batam merukan salah satu dari enam belas kota MICE unggulan di Indonesia,” tambahnya.

Kadin Batam dalam waktu dekat akan mengumpulkan semua asosiasi pengusaha pariwisata dalam rapat koordinasi untuk pembentukan Badam Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kota Batam sesuai dengan UU No10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan yang kemudian akan diusulkan ke Pemerintah Kota Batam dan BP Batam.

Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) ini bertugas membantu pemerintah untuk melakukan promosi dan menarik wisatawan asing dan nusantara ke Batam.

“Kita minta juga kepada BP Batam agar core business nya bisa beralih kepada sektor pariwisata, investor yang masuk ke Batam diusahakan di sektor pariwisata,” tutupnya.

Senada dengan Jadi, Pemerintah Kota (Pemko) Batam melalui Kepala Bagian (Kabag) Humas, Ardiwinata mengungkapkan tahun 2017 menjadi momentum yang tepat untuk menggalakkan dunia pariwisata di Batam.

“Pada 2016, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Batam mencapai 1,6 juta jiwa dan itu melebihi ekspektasi. Sehingga pada tahun 2017, Pemko Batam akan berupaya untuk bersinergi dengan stakeholder lainnya bangun pariwisata Batam” tambanhnya.

Menurut Ardi, keberhasilan Batam tersebut tidak lepas dari peran event-event yang digelar pada akhir tahun.”Banyak yang melakukan pemesanan baik hotel maupun resort untuk menghabiskan malam natal dan tahun baru di Batam. (leo)

Update