Sabtu, 20 April 2024

25 PNS Nonjob, Ini Saran Mantan Kepala BKD Lingga

Berita Terkait

Bupati Lingga Alia Wello saat melantik pejabatnya di Makam Merah, akhor 2016 lalu. Masih ada beberapa PNS yang dinonjobkan Awe. Foto: hasbi / batampos

batampos.co.id – Sebanyak 25 Pegawai Negri Sipil (PNS) di jajaran Pemkab Lingga tidak mendapatkan jabatan apa-apa.

Mantan kepala badan kepegawaian dan diklat (BKD) Lingga, Syamsudi menyarankan kepada mereka yang nonjob langsung menemui Bupati Lingga Alias Wello, jika merasa ada yang kurang pas.

Selama 12 Tahun menjabat sebagai kepala BKD,  Syamsudi tentunya paham betul kinerja dan lika-liku perjalan karir pejabat dikabupaten Lingga. Namun untuk kali ini, Syamsudi secara tegas mengatakan tak tau pasti sebab di nonjob kannya 25 pejabat maupun sanksi jabatan.

“Untuk soal itu kita juga tidak tahu. Kami (BKD) hanya merekap data, soal itu ketua Tim mungkin lebih mengetahui atau juga dengan Bupati Lingga sendiri. Saya sendiri juga tidak masuk dalam tim Baperjakat,” ungkap Syamsudi mantan Kepala BKD Lingga.

Mantan kepala BKD tersebut menyebutkan pihaknya hanya merekap data para pejabat yang dilantik oleh Bupati Lingga yang berlangsung di Sawah Sungai Besar, kecamatan Lingga Utara. Sejumlah nama dari 25 pejabat yang dinonjobkan beberapa waktu lalu juga telah datang berkonsultasi dengan BKD.

Untuk itu, Syamsudi sarankan puluhan pejabat nonjob terkait langsung menemui Badan Pertimbangan Jabatan dan Pangkat (Baperjakat) dan Bupati Lingga.

Ditempat lain, Ketua Baperjakat kabupaten Lingga Said Parman yang dikonfirmasi terkait hal belum mau berkomentar banyak. Ia menyarankan agar hal ini dikonfirmasi kepada staf khusus bupati Lingga di bidang Hukum dan Pemerintahan Rudi Purwonegroho, staf khusus bidang Pendidikan bupati Lingga Said Hamid dan Kabag Umum Armia yang menurut Said tau banyak soal penempatan jabatan promosi maupun nonjob pegawai.

“Tanyakan ke pak Rudi, Said Hamid dan Armia. Saya No Comment lah dulu,” jawab Said Parman singkat.

Sementara staf khusus Bidang Hukum dan Pemerintahan Rudi ketika dikonfirmasi Batam Pos mengatakan terkait nonjob tersebut menjadi kewenangan bupati. Staf Khusus terangnya hanya memberikan pandangan.

“Kewenangan pelantikan hak Pak Bupati,” jawabnya.

Pantauan dilapangan dalam kegiatan pelantikan beberapa waktu lalu wakil Bupati Lingga Muhammad Nizar nampak tak hadir. Sampai berita ini ditulis belum ada keterangan pasti terkait tidak hadirnya wabup Lingga tersebut yang menurut informasi juga berada di Lingga. (mhb)

 

Update