Minggu, 26 Mei 2024

Blangko Kosong, Puluhan Ribuan Berkas E-KTP Warga Batam Menumpuk

Berita Terkait

Warga saat melakukan perekaman e-ktp. Foto: Cecep Mulyana/ Batam Pos

batampos.co.id – Kekosongan blangko e-KTP di Batam sudah empat bulan terakhir. Puluhan ribu warga yang sudah melakukan rekaman e-KTP belum bisa mendapatkan e-KTP-nya hingga saat ini. Padahal, e-KTP tersebut sangat dibutuhkan untuk pengurusan berbagai dokumen lainnya.

Di Kecamatan Batuampar contohnya, tercatat ada 2.416 berkas e-KTP yang belum dicetak karena blangko kosong sejak September hingga Desember 2016.

Camat Batuampar Tukijan merinci data berkas e-KTP tersebut yakni; September 859 berkas, Oktober 596 berkas, November 490 berkas, dan Desember 471 berkas.

“Yang banyak, berkas perpanjangan sebanyak 2.111 berkas,” kata Tukijan.

Menurutnya, menumpuknya berkas akan terus berlanjut mengingat belum ada kejelasan terkait ketersedian blangko dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). “Ya begitu (akan terus menumpuk), belum lagi Januari ini,” ucapnya.

Namun demikian, dia berharap warga agar tetap mengajukan berkas karena untuk mengatasi kekosongan blangko pemerintah menyiapkan surat keterangan pengganti e-KTP yang diterbitkan dinas Pendudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

“Jadi kalau ada yang urus datang saja, nanti kalau butuh surat itu (pernyataan) bisa diambil di Disdukcapil,” pungkasnya.

Kondisi serupa juga terjadi di Kecamatan Sekupang. Camat Sekupang, Muhammad Arman mengatakan untuk jumlah pengajuan e-KTP yang belum dicetak periode Setember-Desember 2016 mencapai 7.393 pengajuan. Sedangkan untuk Kartu Keluarga (KK) mencapai 405 KK. Di hari pertama kerja tahun 2017 ini, pelayanan e-KTP masih menjadi primadona.

“Setiap hari terus ada pengajuan, seperti hari ini pelayanan e-KTP masih diserbu warga yang ingin membuat e-KTP,” kata Arman, Selasa (3/1/2016).

Dia menambahkan untuk pelayanan di hari pertama berjalan dengan lancar. Pihaknya tetap melayani pengajuan e-KTP yang masuk. Setiap hari rata-rata ada 25-30 pengajuan permohonan pembuatan e-KTP.Dia berharap blanko segera tersedia, karena batas pembuatan e-KTP tinggal beberapa bulan lagi.

“Pertengahan tahun ini berakhir masa pengajuan, kami takutkan jumlahnya semakin menumpuk. Semoga secepatnya bisa ada blankonya,” harap pria yang baru dilantik Desember 2016 ini.

Di Kecamatan Batam Kota juga ada ribuan berkas e-KTP menumpuk. “Ini bukan kehendak kami, maunya kami cepat, tapi lelang blangko e-KTP di Kemendagri belum selesai, kemungkinan Juli-Agustus baru bisa cetak,” ujar petugas kecamatan yang melayani pertanyaan warga yang mengurus e-KTP, Jumat (30/12/2016) lalu. (cr13/cr17/cr20/nur)

Update