Selasa, 19 Maret 2024

Delapan Pejabat Kepri Tersingkir, 30 Resmi Dilantik

Berita Terkait

Gubernur Kepri Nurdin Basirun melantik Sekda dan 30 pejabat lainnya, Selasa (3/1/2016). Foto: istimewa

batampos.co.id – Delapan pejabat eselon II di lingkungan Pemprov Kepri tersingkir dari jabatannya. Mereka tidak masuk dalam kabinet kerja Gubernur Kepri, Nurdin Basirun.

Untuk mengisi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kepri yang baru, Gubernur melakukan pelantikan terhadap 30 pejabat eselon I dan II di Gedung Daerah, Tanjungpinang, Selasa (3/1/2016)

Dari data yang didapat di lapangan, delapan pejabat nama-namanya tersingkir untuk pelantikan tahap I adalah:

  1. Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kepri, Heru Sukmoro,
  2. Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan, Amir Faisal,
  3. Kepala Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil (Disduk Capil), Marwan,
  4. Kepala Badan Pengelola Perbatasan Daerah (BPBD) Edi Irawan,
  5. Kepala Badan Ketahanan Pangan, Kamaruddin Ali,
  6. Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Anak, Reni Yusneli.
  7. Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Hukum, Maryani Ekowati, dan
  8. Kepala Biro Perekonomian, Chris Triwinasis.

Sementara itu, untuk posisi Jabatan Pimpinan Tinggi Madya (JPTM) atau Sekda Kepri masih dipercayakan kepada TS. Arif Fadillah. Sedangkan untuk Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) yang dilantik tidak mengalami banyak pergeseran. Hanya ada beberapa pejabat yang posisinya digeser. Seperti Martin Luther Maromon yang sebelumnya duduk sebagai Kepala Biro Perlengkapan diberikan amanah untuk mengemban tugas sebagai Kepala Biro Umum menggantikan Misbardi yang diplot menjadi Kepala Biro Administrasi Layanan Pengadaan.

Posisi lain yang ditukar Gubernur Nurdin adalah, Misni yang sebelumnya duduk sebagai Sekretaris Korpri didapuk menjadi Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan, Pelindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana menggantikan Reni Yusneli yang memilih untuk melangkah ke Pemko Tanjungpinang.

Secara keseluruhan sebangak 31 pejabat pratama dan madya, yang dilantik. Mereka terdiri dari seorang Pejabat Pimpinan Tinggi Madya berdasarkan SK Gubernur Nomor : 2608 Tahun 2016, kemudian 29 orang Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama berdasarkan SK Gubernur Nomor: 2609 Tahun 2016 dan seorang Pejabat Administrator berdasarkan SK Gubernur Nomor 2610 Tahun 2016.

“Proses yang kita lakukan sekarang ini adalah merupakan amanat undang-undang dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 Tahun 2016 tentang Organisasi Perangkat Daerah menjadi dasar hukumnya,” ujar Gubernur Kepri, Nurdin Basirun menjawab pertanyaan media usai melakukan pelantikan.

Ditegaskan Nurdin, bagi pejabat yang sudah diberikan tugas dan tanggungjawab hendaknya bekerja dengan sungguh-sungguh dan memberikan yang terbaik dalam menjalankan tugas-tugas pemerintahan. Masih kata Nurdin, Aparatur Sipil Negara (ASN) yang diamanahkan dengan jabatan, sudah sepantasnya memberikan kinerja yang baik. Salah satunya diwujudkan dengan meningkatkan profesionalitas dan inovasi.

“Tuntutan masyarakat serta perubahan dinamika yang dirasakan saat ini amat penting kita sikapi dengan menjadi pejabat profesional. Tuntutan pelayanan yang prima dan efektif harus diwujudkan  dengan inovasi,” papar Nurdin.

Kepada para pejabat yang dilantik, Nurdin berharap dapat fokus dengan agenda pemerintahan baik jangka pendek atau panjang. Lebih lanjut katanya, pelantikan ini harus disikapi dengan positif. Setiap ASN akan menjalani promosi dan mutasi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kepri, Arif Fadillah menambahkan, Pemprov Kepri juga membuka peluang untuk pejabat eselon II di Kepri yang belum mendapatkan jabatan melalui jalur open bidding atau lelang jabatan. Menurut Arif, lelang jabatan yang dilakukan adalah untuk melihat kompetensi pejabat-pejabat sesuai dengan bidang yang mereka pilih. Ditegaskan Arif, ini bukan persoalan suka atau tidak suka.

“Kita ingin membangun kompetensi yang sehat, artinya bukan karena kedekatan. Melainkan karena kelayakan dan kecakapan yang dimiliki. Dan itu menjadi tolak ukur bagi penetapan tugas dan tanggungjawab,” ujar Arif menambahkan.

Dikatakan Arif, jabatan yang akan dilelang adalah Asisten Administrasi Umum, Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Hukum, Staf Ahli Bidang Sosial Kesejahteraan Rakyat dan Pengembangan SDM, Kepala Biro Organisasi dan Korpri, Kepala Biro Administrasi Pembangunan, Kepala Biro Administrasi Perekonomian, Kepala Biro Humas, Protokol dan Penghubung.

Lebih lanjut katanya, jabatan lainnya adalah Kepala Biro Pemerintahan dan Perbatasan, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertahanan, Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral. Selanjutnya adalah Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Kesehatan Hewan, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset, dan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Penanggulangan Kebakaran.

“Apabila proses telah selesai, tentu akan ada pelantikan kembali. Untuk sementara ini, posisi-posisi yang belum dijabat pejabat defenitif, akan ditunjuk Pelaksana Tugas (Plt). Karena untuk persiapan pembahasan APBD 2017,” papar Arif. (jpg)

Nama-Nama Pejabat Pemprov Kepri yang Dilantik:
1. Raja Ariza: Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat.
2. Isdianto: Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah
3. Misni: Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana.
4. Syamsul Bahrum: Asisten Perekonomian dan Pembangunan.
5. Eko Sumbaryadi: Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan.
6. Tarmidi: Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat.
7. Heri Mokhrizal: Kepala Biro Hukum.
8. Marthin Luther Maromon: Kepala Biro Umum.
9. Misbardi: Kepala Biro Administrasi Layanan Pengadaan.
10. Hamidi: Sekretaris Dewan.
11. Mirza Bachtiar: Inspektur Daerah.
12. Arifin Nasir: Kepala Dinas Pendidikan.
13. Tjetjep Yudiana: Kepala Dinas Kesehatan.
14. Tagor Napitupulu: Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi.
15. Yeri Suparna: Kepala Dinas Lingkungan  Hidup dan Kehutanan.
16 Sardison: Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil.
17 Guntur Sakti: Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika.
18. Ridwan Hamta: Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah.
19. Asman Taufik: Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.
20. Mafrizon: Kepala Dinas Pemuda dan Olahrga.
21. Amir Husin: Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan.
22 Edy Sofyan: Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan.
23. Buralimar: Kepala Dinas Pariwisata.
24. Yatim Mustafa: Kepala Dinas Kebudayaan.
25. Naharuddin: Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan.
26. Firdaus: Kepala Badan Kepegawaian, Pengembangan Sumber Data Manusia.
27. Muramis: Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah.
28. Syafri Salisman: Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik.
29. Doli Boniara: Kepala Dinas Sosial
Sumber: Pemprov Kepri

Update