Jumat, 19 April 2024

Jenderal Gatot Bentuk Tim Bersih-Bersih Korupsi di Tubuh TNI

Berita Terkait

Dok. Jawa Pos

batampos.co.id – Kasus korupsi di tubuh TNI pada 2016 membuat Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo merasa gerah.

Gatot pun bertindak cepat deengan mengamanatkan kepada inspektorat membentuk tim bersih-bersih praktik koruptif di tubuh TNI.

”Kita harus melindungi TNI, melindungi prajurit dari kelakuan oknum pejabat TNI yang korup. Saya perintahkan untuk Irjen TNI, POM TNI dan petugas lainnya membentuk tim untuk melakukan bersih-bersih terhadap korupsi,” ujar Gatot di Jakarta, Selasa (3/1).

Gatot mengatakan, korupsi harus dibinasakan dari tubuh TNI, sebab hal tersebut dapat menghambat kemajuan dan pembangunan TNI. Ia menuding korupsi pasti dilakukan oknum pejabat TNI yang mempunyai wewenang, bukan oleh prajurit di lapangan.

Oleh karenanya, panglima menganggap tantangan di 2017 akan semakin kompleks dan menuntut keberanian inspektorat dalam menindak pejabat.

Sekadar mengingatkan, pada 2016 TNI sudah berkomitmen membersihkan diri dari narkoba. Aspek pertahanan negara sudah berulang kali menyampaikan hal tersebut pada para prajurit. Ada UU Nomor 34 Tahun 2004 Pasal 62 yang melandasi peraturan itu.

”Tidak ada ampun lagi, apabila terkena narkoba, maka tidak pantas lagi menjadi prajurit TNI, hukumannya dipecat,” tandasnya. (adn/jpnn)

Update