Selasa, 16 April 2024

Musim Utara Harga Ikan di Lingga Meroket

Berita Terkait

foto: hasbi / batampos

batampos.co.id – Musim angin utara yang telah berlangsung membuat aktifitas nelayan tradisional Kabupaten Lingga terganggu. Akibatnya hasil tangkapan ikan menurun dan harga ikan terus merangkak naik.

Salah seorang penampung ikan di Desa Batu Belubang, Kecamatan Senayang, Zikin mengatakan akibat angin utara yang begitu kencang, nelayan-nelayan kecil enggan melaut. Dampaknya, hasil tangkapan pun menurun drastis.

“Angin laut cukup kuat sekarang. Nelayan-nelayan dengan alat tangkap kecil banyak yang tidak melaut. Tapi sebaliknya harga ikan akan naik,” kata Zikin, Senin (2/1/2016) lalu.

Sementara nelayan dengan kapal yang lebih besar, terang Zikin, tetap beraktifitas. Nelayan ini mengambil risiko karena menggantungkan hidup dari hasil laut.

“Kapal besar tetap beraktifitas mengangkat bubu (perangkap ikan). Paling kalau terjadi ribut tidak beraktifitas. Hasilnya tidak sebanyak musim-musim laut tenang. Biasanya musim utara sampai akhir Maret nanti. Tapi di bulan Februari kelak, permintaan ikan akan naik,” sambungnya.

Dikatakannya, nelayan Desa Batu Belubang menjadi salah satu distributor ikan segar untuk kebutuhan pasar Tanjungpinang, Batam dan Singapura. (mhb)

Update