Kamis, 25 April 2024

Ini 12 Jabatan di Pemkab Bintan yang Mulai Dilelang

Berita Terkait

Bupati Bintan Apri Sujadi melantik pejabat Eselon II dan III, Rabu (28/12/2016). Masih ada 12 jabatan yang kini dilelang. Foto: harry/batampos

batampos.co.id – Pemkab Bintan mulai membuka pendaftaran lelang jabatan (open biding) untuk mengisi kekosongan di 12 formasi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

lelang jabatan ini dilaksanakan selama 23 hari dari 4-27 Januari 2017. Namun hanya dipioritaskan bagi pejabat-pejabat yang mengantongi golongan eselon III saja. Sebab sistem yang digunakan untuk menempatkan pejabat di kursi formasi-formasi yang kosong itu bersifat promosi jabatan dari eselon III menjadi eselon II.

“Open biding ini sifatnya promosian jabatan dari eselon III jadi eselon II. Jadi bagi pejabat yang berkeinginan menduduki kursi dinas atau badan silahkan mendaftar. Bagi pejabat yang dinonjobkan kemarin juga diizinkan untuk berkompetisi,” ujar Pelaksana tugas (Plt) Sekda Bintan, Raja Muhammad Akib Rachim ketika dikonfirmasi, Rabu (4/1/2016).

Diceritakannya, Pemkab Bintan telah melakukan mutasi besar-besaran sebanyak dua kali pada tahun lalu. Diantaranya perombakan Jilid I Kabinet Bintan Gemilang yang dilakukan pada 15 September 2016 dengan memutasikan 176 pejabat eselon III dan IV.

Selain mutasi, juga diberlakukan penurunan pangkat kepada 10 pejabat dan menonjobkan 9 pejabat yang ada di eselon III serta mengangkat 7 CPNS menjadi pejabat eselon IV.

Kemudian untuk perombakan Jilid II yang dilaksanakan 28 Desember 2016 lalu itu telah merotasikan 24 pejabat Eselon II dan III. Selain itu juga diberlakukan penonjoban terhadap enam pejabat eselon II.

Untuk 2017 ini, Kata dia, akan dilaksanakan perombakan Jilid III Kabinet Bintan Gemilang. Perombakan itu dilakukan untuk menyesuaikan berlakunya Struktur Organisasi Tata Kerja (SOTK) Baru Periode 2016-2021.

Dikarenakan dari 28 SOTK Baru sudah terisi 16 pejabat eselon II definitif yang telah ditetapkan akhir tahun lalu. Maka dibukalah open biding untuk mencari 12 pejabat baru yang dipromosikan menduduki kursi kepala dinas (kadis) maupun kepala badan (kaban).

“Jadi open biding untuk 12 formasi jabatan yang dilaksanakan saat ini beda dengan pelantikan 24 pejabat akhir tahun lalu. Bedanya yang lalu itu sifatnya sebatas rotasi atau geser kedudukan pejabat yang pangkatnya setara atau selevel. Sedangkan sekarang sifatnya untuk promosi jabatan baru,” bebernya.

Ditambahkannya, 12 formasi jabatan yang open biding itu diantaranya Kepala Dinas Sosial (Dinsos), Kepala Dinas Pendidikan (Disdik), Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (Diskop UMPP), Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP4D), Kepala DLH, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMS), Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (DPRKP), Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD), Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP), dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Daerah (DKPD), Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes).

Bagi yang ingin ikuti open biding, sambungnya, boleh mendaftarkan diri ke tim panitia seleksi (pansel) dari 4-27 Januari 2017. Masing-masing pejabat boleh mendaftarkan dua formasi jabatan sekaligus. Setelah pendaftaraan itu ditutup, para pejabat yang ikut open biding ini akan melalui beberapa proses yaitu membuat makalah, wawancara sampai dengan mengikuti ujian tertulis.

“Mereka bebas memilih formasi. Tapi tim pansel yang bisa pastikan kecocokan masing-masing individual dengan jabatannya. Selanjutnya bagi pejabat yang lolos akan dilantik pekan kedua Februari mendatang,” pungkasnya. (ary)

Update